Kamis, 19 September 2024

Belajar Sejak Dini, Murid TK Madina Luhur Jadi Petugas Upacara Sambut HUT Ke-79 RI

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Murid-murid TK B di TK Madina Luhur mengikuti upacara menyambut kemerdekaan RI yang petugasnya adalah teman-teman mereka sendiri. Foto: Akira suarasurabaya.net

Sebanyak 83 murid TK B di TK Madina Luhur mengikuti upacara bendera yang diadakan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI, Jumat (16/8/2024). Tapi, yang membuat acara itu spesial karena petugas upacaranya adalah murid-murid TK B.

Debby Holiana Kepala Sekolah TK Madina Luhur mengatakan, dipilihnya murid-murid sebagai petugas upacara untuk membiasakan mereka.

Selain itu, Debby juga ingin agar anak-anak memiliki pengalaman sebagai petugas upacara, meski belum serius.

“Ketiga, kami ingin mengenalkan ke anak-anak bahwa upacara itu untuk memperingati hari besar kemerdekaan, yang juga mengacu pada kurikulum sekolah,” terang Debby saat ditemui suarasurabaya.net.

Untuk menentukan murid yang jadi petugas, lanjut Debby, dia dan guru-guru biasanya melakukan pengamatan di setiap kelas. Siapa murid yang bisa menjadi petugas upacara.

“Jadi, proses pemilihannya ya diperhatikan dulu. Siapa murid yang sudah lancar membaca, nanti dia akan bertugas sebagai pembawa acara atau pembaca Pancasila,” ungkapnya.

Tiga murid TK Madina Luhur menjadi petugas pengibar bendera, Jumat (16/8/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Menurut Debby, mengenalkan konsep kemerdekaan pada anak-anak TK, terbilang cukup susah. Karena anak-anak usia sebelum 8 tahun, membutuhkan hal yang konkrit untuk mendukung penjelasan tersebut.

“Makanya, sebelum mengenalkan konsep itu, kami lebih dulu mengenalkan soal negara kita. Nah, terkait kemerdekaan, kami menggunakan hal-hal yang konkrit untuk mengenalkan pada mereka. Misalnya, mengenalkan kemerdekaan sebagai hari ulang tahun negara yang lahir dari perjuangan pahlawan,” jelas Debby.

Sementara itu, dalam menyambut kemerdekaan RI, TK Madina Luhur tidak hanya menggelar upacara bendera saja. Ada lomba hingga karnaval digelar sejak 12 Agustus 2024 lalu.

Indah Nurul Laili Guru TK Madina Luhur mengatakan dalam bermain sosiodrama, murid-murid memerankan pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan RI.

Guru-guru berusaha menggambarkan kondisi perang yang terjadi puluhan tahun lalu dengan kalimat yang bisa dipahami oleh anak-anak.

“Sebenarnya kalau lihat di Youtube saja bisa. Tapi, ada beberapa adegan yang mungkin kurang pantas ditunjukkan ke anak-anak karena takut ditiru, sehingga kami berusaha untuk lebih simpel,” katanya.

Rangkaian acara menyambut kemerdekaan RI di TK Madina Luhur, diharapkan Debby bisa membantu anak-anak memahami konsep kemerdekaan.

“Saya sampaikan ke anak-anak bahwa upacara untuk menghormati negara dan untuk merayakan HUT Indonesia,” tutup Debby.(kir/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
28o
Kurs