Rabu, 18 September 2024

Beda dari Tahun Sebelumnya, Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Grahadi Terhubung ke IKN

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana para peserta upacara saat mengikuti prosesi dari Ibu Kota Nusantara (IKN) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (17/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Peringatan upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Gedung Negara Grahadi, , Sabtu (17/8/2024), berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pada upacara di Grahadi kali ini, terhubung ke Ibu Kota Nusantara, Panser, Kalimantan Timur melalui layar videotron di halaman gedung.

Seluruh peserta dan tamu undangan upacara di Grahadi wajib mengikuti seluruh instruksi yang disampaikan dari IKN yang dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Sesi kegiatan upacara pukul 10.00 WIB tersebut untuk mengikuti detik-detik Proklamasi yang dibacakan Puan Maharani Ketua DPR RI.

Serta prosesi pengibaran bendera mereah putih perdana di IKN dan upacara yang dipimpin Joko Widodo Presiden RI sekaligus insepektur upacara.

Semenetara itu, seluruh rangkaian acara peringatan HUT di Grahadi baru selesai pukul 09.45 WIB dengan ditutup oleh penampilan Defarina Indra pedangdut asal Tuban Jawa Timur.

Pantauan suarasurabaya.net, nampak sejumlah pejabat dan tokoh ikut berjoget bernyanyi, dan bergoyang di Halaman Grahadi.

Di antaranya ada Adhy Karyono Pj Gubernur Jatum, Emil Elestianto Dardak beserta arumi Bachsin, kemudian Irjen Imam Sugianto Kapolda Jatim, dan Mayjen TNI Rafael Granada Baay Pangdam V/Brawijaya.

Sebagai infotmasi, pada HUT kali ini pemerintah provinsi mengusung slogan baru, yakni ‘Jawa Timur Gerbang Nusantara Baru’.

Slogan baru itu senada dengan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yakni ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

Menurut Adhy Karyono, slogan kemerdekaan tahun ini diharapkan membuat Provinsi Jatim sebagai penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami optimis Jawa Timur bisa menjadi Gerbang Nusantara Baru, karena sangat strategis dan sampai saat ini telah menjadi Hub bagi Indonesia wilayah Timur. Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh warga Jawa Timur ikut merasakan optimisme ini sebagai peluang besar bagi Jatim,” ujar Adhy di Surabaya, Jumat (16/8/2024) kemarin. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
26o
Kurs