Jumat, 4 Oktober 2024

Baru Diudarakan Beberapa Menit di Suara Surabaya, Lansia Sidoarjo yang Dilaporkan Hilang Ditemukan Pendengar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sejumlah pendengar Radio Suara Surabaya menemani Darso (74 tahun) yang sempat dilaporkan hilang oleh Ipda Sunoto putranya di Radio Suara Surabaya, Kamis (3/10/2024). Foto: Tashia via WA SS

Seorang lansia bernama Darso (74 tahun) yang dilaporkan sempat hilang di daerah Sidoarjo Kota, ditemukan oleh pendengar lain saat anaknya sedang laporan di Radio Suara Surabaya (SS), Kamis (3/10/2024) petang.

Kabar kehilangan itu awalnya dilaporkan Ipda Sunoto yang merupakan anggota Polri kepada Radio Suara Surabaya, pada Kamis petang sekitar pukul 18.13 WIB. Sunoto mengatakan, ayahnya itu hilang usai meninggalkan rumah di kawasan Sidokerto, Kecamatan Buduran sejak sekitar pukul 12.00 WIB.

“Biasanya, kalau keluar rumah, beliau selalu kembali sendiri. Tapi kali ini belum kembali sejak jam 12 siang tadi,” ujar Sunoto sembari menceritakan kepada Radio Suara Surabaya kalau ayahnya itu punya riwayat demensia.

Dia merinci ciri-ciri terakhir ayahnya sebelum pergi ke yakni memakai kaos oranye dengan tulisan “Secapa Polri Sukabumi”, celana training warna hitam, dan memakai topi Rimba warna hijau toska, serta memakai sandal jepit.

Untuk ciri-ciri fisik, Darso yakni mempunyai rambut cepak dan kumis berwarna putih. Selain itu, kata Sunoto, ayahnya selalu membawa kartu nama dr. Yessy dari klinik Tatu Care.

Sunoto juga mengaku sudah mencari ke berbagai tempat yang biasa dikunjungi ayahnya itu, termasuk masjid, SPBU dan area sekitaran Kecamatan Sukodono serta Waru, namun belum berhasil menemukan.

“Saya sudah keliling sampai Sukodono dan Waru, tapi belum ketemu. Biasanya kalau diajak ngobrol masih bisa nyambung, cuma kadang lupa jalan pulang,” lanjutnya.

Tiba-tiba, saat sedang mengudara sekitar lima menit, muncul pendengar Suara Surabaya atas nama Eko yang mengaku melihat keberadaan S. Eko mengatakan dia melihat seseorang yang mirip Darso sedang duduk di depan sebuah toko di perempatan dekat Mall Ciplaz, Sidoarjo.

Tim Gate Keeper Radio Suara Surabaya kemudian menyambungkan Eko untuk langsung berkomunikasi langsung dengan Sunoto di udara.

“Saya melihat pria dengan baju oranye dan topi biru toska mirip dengan pak Darso yang dilaporkan, duduk di depan toko pojok dekat perempatan, sekitar lima menit yang lalu,” ujar Eko waktu mengudara bersamaan dengan Sunoto.

Begitu mendengar laporan Eko, Sunoto kemudian langsung bergegas menuju ke sekitaran lokasi ayahnya dilaporkan terlihat. “Kalau gitu saya langsung merapat ke lokasi, terimakasih mas Eko,” ujarnya.

“Sama-sama pak Noto,” timpal Eko.

Laporan ditemukannya S, tak hanya disampaikan Eko. Saat Sunoto bergegas ke lokasi beberapa pendengar SS lainnya juga mengaku melihat Darso masuk ke dalam Hutan Kota Delta Putri yang lokasinya di sisi barat rel kereta Jalan Pahlawan Sidoarjo itu.

Hingga akhirnya sekitar pukul 18.37, Tasha Elisa pendengar SS lain mengonfirmasi kalau Darso sudah bertemu dengan putranya. Kondisi Darso saat itu sudah dikelilingi oleh beberapa pendengar SS yang ikut membantu menemukan keberadaannya.

“Alhamdulillah ketemu di hutan kota. Bapak kelihatan lelah, kelihatannya lelah seharian jalan. Ini saya bawa ke rumah karena ibu (istri) ada klinik juga. Saya ucapkan terimakasih bantuannya saudara-saudara ada lima orang ini, terimakasih Suara Surabaya,” ucap Sunoto. (bil/ham)

Berita Terkait

..
TERKINI POPULER TERPILIH
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 4 Oktober 2024
27o
Kurs