Selasa, 17 September 2024

Awal Pekan, Ada Potensi Hujan di Beberapa Wilayah Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Anak bermain di tengah hujan dan banjir. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim) hari ini, Senin (9/9/2024), berpotensi turun hujan di beberapa wilayah.

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan diprakirakan BMKG Juanda mengguyur beberapa kabupaten/kota di Jatim dengan intensitas sedang hingga ringan disertai petir.

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan itu, yakni Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Batu, Kediri, Kota Malang dan Kabupaten Probolinggo. Sementara untuk Surabaya dan sekitarnya tidak ada potensi turun hujan.

Suhu udara di Jatim hari ini berkisar 13 hingga 37 derajat celcius dengan kelembapan udara di angka 31-99 persen. Angin dominan berhembus dari selatan ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 29 km per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan kondisi cuaca di sebagian besar wilayah perairan Jatim umumnya cerah berawan.

Arah angin didominasi dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 23 knots (41 km per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (27 km per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

BMKG Maritim juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir mewaspadai gelombang tinggi diatas 2.5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
27o
Kurs