Selasa, 2 Juli 2024

Andre Yuris dan Hanaa Septiana Pimpin AJI Surabaya sampai 2027

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Andre Yuris Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya terpilih (tiga dari kiri) dan Hanaa Septiana Sekretaris AJI Surabaya terpilih (paling kanan) saat Konferta di Suara Surabaya Centre, Sabtu (29/6/2024). Foto: Artika Rachmi Farmita via redaksi

Andre Yuris dan Hanaa Septiana terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya periode 2024-2027.

Konferesi kota AJI Surabaya yang dilaksanakan di Suara Surabaya Centre Jalan Bukit Darmo Nomor 22-24 Surabaya, Sabtu (29/6/2024), juga memilih Eben Haezer, Eddy Prastyo, dan Marta Nurfaidah sebagai Majelis Pertimbangan dan Legislasi.

Pada periode kepengurusan sebelumnya, Andre Yuris menjabat sebagai Sekretaris dan Eben Haezer sebagai Ketua AJI Surabaya 2021-2024.

Andre Yuris dan Hanaa Septiana, pasangan Ketua dan Sekretaris AJI Surabaya terpilih saat Konferta di Suara Surabaya Centre, Sabtu (29/6/2024). Foto: Artika Rachmi Farmita via redaksi

Andre Yuris Ketua AJI Surabaya mengatakan, ke depan, tantangan jurnalisme bukan hanya kecepatan teknologi dan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Tantangan yang nyata adalah kesejahteraan jurnalis.

“Profesionalisme baru terpenuhi kalau kesejahteraan terpenuhi. Bagaimana jurnalis mendapat upah layak, jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan. Masih banyak perusahaan media yang tidak patuh membayar BPJS,” ujar Andre Yuris pada Sabtu malam.

Kemudian, merespon situasi sosial politik, menurut Andre Yuris, jurnalis menghadapi tantangan yang cukup tinggi. “Berpotensi mengekang ekspresi dan kemerdekaan pers. AJI Surabaya akan mengawal menjaga kebebasan pers. Salah satunya dengan cara advokasi,” tuturnya.

Konferta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya di Suara Surabaya Centre, Sabtu (29/6/2024). Foto: Istimewa

Sementara, Hanaa Septiana Sekretaris AJI Surabaya mengungkapkan, hal pertama yang akan dibenahi adalah manajemen dan tata kelola organisasi. Termasuk digitalisasi untuk transparasi keuangan sesuai rekomendasi forum.

Selain itu dia juga akan membawa isu kesetaraan gender dan kelompok marjinal. Berharap lebih banyak jurnalis perempuan yang menyadari isu perempuan dan bergabung dengan AJI Surabaya.(iss)

 

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 2 Juli 2024
27o
Kurs