Selasa, 17 September 2024

Ananda Maharani Bagikan Kunci Sukses MC, Wajib Tulis Skrip Sebelum Bawakan Acara

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ananda Maharani penyiar sekaligus profesional dubber dan MC yang mengisi Suara Surabaya Academy Jago MC: Newbie Anti Grogi, Sabtu (18/5/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ananda Maharani penyiar Suara Surabaya Media sekaligus profesional dubber dan MC membagikan kunci sukses membawakan acara dengan wajib menulis skrip atau naskah.

Kunci itu dibagikan ke puluhan peserta yang mengikuti “Suara Surabaya Academy Jago MC: Newbie Anti Grogi”, Sabtu (18/5/2024).

“Sesi aku (di Suara Surabaya Academy kali ini) sharing apa yang harus dilakukan, basic-nya bagaimana, dan kalau kita jadi MC apapun itu menulis skrip perlu dan penting,” bebernya usai mengisi materi, Sabtu (18/5/2024).

Menurutnya, kunci jago MC pasti harus percaya diri, dan menguasai teknik dasar, misalnya suara yang bulat dan penampilan menarik.

“Kuncinya kepercayaan diri, kita nanti akan melatihan senam vokal akan membuat suara kita keluar,” imbuhnya.

Tapi yang tidak kalah penting dan sering dilupakan yaitu menulis naskah atau skrip apa yang mau disampaikan sebelum acara dimulai.

Fungsinya, sebagai acuan agar yang disampaikan sesuai, dan tidak ada yang tertinggal.

“Wajib ya supaya ketika di atas panggung gak lupa materi apa yang disampaikan meski rundown sudah ada, tapi gak ada salahnya menuliskan apa yang mau kita ucapkan,” ucapnya.

Penulisan skrip, lanjutnya, harus jadi sebuah kebiasaan baik menjadi MC formal, informal, atau semi formal. Boleh ditulis persis dalam bentuk naskah, atau hanya pointers, tergantung tingkat keingatan personal.

“Boleh (pointers) gak masalah, tapi ada kalanya secara lengkap juga apa yang mau disampaikan. Jago atau tidak, jangan lupakan yang dasar,” tandasnya.

Diketahui, SSA kali ini digelar sudah ketiga kali, selain Ananda ada Bintang Ramadhani yang menyampaikan materi serupa namun lebih teknis. (lta/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs