Minggu, 8 September 2024

Alasan Mundurnya Joe Biden dari Pencalonan Pilpres AS Diduga Bukan Karena Faktor Kesehatan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joe Biden Presiden AS saat melakukan kunjungan ke salah satu restoran di Michigan, Jumat (12/7/2024). Foto: Reuters

Keputusan Joe Biden mundur sebagai calon Presiden Amerika Serikat (AS) disebut bukan karena masalah medis apa pun. Hal itu dikatakan seorang pejabat senior Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya.

Dilansir dari Antara pada Senin (22/7/2024), Gedung Putih mengumumkan Biden dinyatakan positif Covid-19 meski telah divaksinasi dan menerima booster pada Rabu (17/7/2024).

Pihak Pemerintah AS menambahkan, Biden melakukan isolasi mandiri di rumahnya di Delaware.

Pada saat bersamaan Frank, saudara laki-laki Joe Biden, kepada CBS News menyatakan, kesehatan pasti berperan dalam keputusan mundurnya Biden dari pencalonan presiden periode kedua.

Joe Biden pada Minggu (21/7/2024) mengumumkan mundur sebagai calon presiden dari Partai Demokrat untuk Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2024.

“Saya telah memutuskan untuk tidak menerima nominasi tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya kepada tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” kata Biden lewat kanal media sosial X resminya.

Lalu, Biden mengumumkan dukungannya untuk Kamala Harris yang akan menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

“Hari ini saya ingin memberikan dukungan sepenuhnya agar Kamala menjadi calon partai kita tahun ini,” ucap Biden dalam pesannya pada X itu.

Menurut Biden, mendukung Harris (59) yang merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat adalah keputusan terbaik yang pernah diambilnya.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs