Senin, 8 Juli 2024

AHY Serahkan Empat Sertifikat Tanah Wakaf ke Masjid hingga Ponpes di Gresik

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Agus Harimurti Yudhoyono Menteri ATR/BPN waktu menyerahkan sertifikat tanah wakaf untuk masjid hingga tanah ponpes di Kabupaten Gresik, Jumat (5/7/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Agus Harimurti Yudhoyono Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan empat sertifikat tanah wakaf ke masjid hingga pondok pesantren yang ada di Kabupaten Gresik, Jumat (5/7/2024).

Menteri yang akrab disapan AHY itu datang ke kompleks Makam Sunan Giri didampingi Emil Elestianto Dardak mantan Wakil Gubernur yang juga Ketua DPD Demokrat Jawa Timur (Jatim).

AHY sendiri baru menyerahkan sertifikat tanah wakaf tersebut di Masjid Kanjeng Sunan Giri sesudah melaksanakan salat Jumat.

“Tadi begitu landing langsung menuju ke Gresik untuk melakukan ibadah salat Jumat berjamaah di Masjid Kanjeng Sunan Giri. Setelah itu kami menyerahkan sertifikat wakaf,” ujar AHY, Jumat siang.

Agus Harimurti Yudhoyono Menteri ATR/BPN bersama Emil Elestianto Dardak Ketua DPD Demokrat Jatim (kanan) menuju Masjid Kanjeng Sunan Giri, Gresik, Jumat (5/7/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Menteri ATR/BPN itu mengatakan, sertifikat itu diberikan ke masjid, musala, dan tanah pondok pesantren. Salah satu sertifikat itu juga diberikan untuk tanah baru milik Masjid Kanjeng Sunan Giri yang sudah berdiri sejak tahun 1.500-an.

“Tadi kami menyerahkan ada empat sertifikat wakaf pertama untuk masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1500-an,” katanya.

AHY menyatakan, pemberian sertifikat untuk rumah-rumah ibadah merupakan komitmen pemerintah supaya memberi jaminan legalitas tanah yang ditempati.

Untuk ke depannya, Kementerian ATR/BPN sedang menginventarisir sejumlah tanah wakaf rumah ibadah yang memerlukan intervensi pemerintah supaya memiliki legalitas sertifikat tanah.

“Kami terus menginventarisir. Tadi dengar ada yang perlu kami urus di tempat lainnya, jadi saya juga berharap bisa dipercepat pengurusannya, karena bagi kami untuk urusan surat wakaf ini benar benar sudah diprioritaskan dan disegerakan,” jelasnya. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 8 Juli 2024
31o
Kurs