Kamis, 19 September 2024

86 Ribu Umat Katolik Akan Hadiri Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Paus Fransiskus berpidato di depan umat saat ia tiba untuk audiensi umum mingguan di Vatikan pada 8 Juni 2022. Foto: Reuters Paus Fransiskus ketika berpidato di depan umat saat ia tiba untuk audiensi umum mingguan di Vatikan pada 8 Juni 2022. Foto: Reuters

Sebanyak 86 ribu umat Katolik diperkirakan akan menghadiri misa akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada 5 September 2024.

“Misanya itu direncanakan satu setengah jam dengan umat sebanyak 86 ribu,” ungkap Rm. Thomas Ulun Ismoyo Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dilansir dari Antara pada Senin (26/8/2024).

Thomas menjelaskan, misa akbar ini akan dilangsungkan di dua stadion, yaitu Stadion Utama GBK dengan kapasitas 60 ribu jemaat dan Stadion Madya GBK yang dapat menampung 26 ribu jemaat.

Setiba di GBK, Paus Fransiskus akan berkeliling SUGBK dan Stadion Madya untuk menyapa jemaat. Kemudian, Paus akan memimpin ibadah dan doa bersama.

“Dalam doa bersama itu pasti pertama pesannya adalah bagaimana kita terus mewartakan kebaikan kasih Tuhan kepada banyak orang di tempat di mana kita berada yaitu di Indonesia,” ujar Thomas.

Bagi umat Katolik yang tidak dapat menghadiri langsung misa akbar di GBK, panitia akan menyiarkan seluruh rangkaian ibadah melalui kanal daring.

Thomas mengimbau kepada jemaat yang akan hadir di misa akbar untuk mengikuti kegiatan tersebut secara tertib dan mematuhi semua petunjuk yang diberikan penyelenggara.

“Mohon semua petunjuk-petunjuk yang sudah diberikan dan akan terus dimatangkan di kemudian hari, ini bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dari 2 hingga 13 September 2024.

Indonesia akan menjadi negara pertama dalam kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yaitu dari 3 hingga 6 September 2024.

Setelah Indonesia, Paus akan melanjutkan kunjungan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo dari 6 hingga 9 September 2024, Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024, dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024.

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia pada 3 September 2024 siang dan akan bertemu Joko Widodo Presiden di Istana Merdeka, Jakarta pada 4 September 2024.

Pada 5 September 2024, Paus dijadwalkan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta, serta pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
25o
Kurs