Selasa, 17 September 2024

450 Kios di Pasar Krian Terbakar, Disperindag Sidoarjo Segera Siapkan Lapak Sementara

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kondisi bagian belakang Pasar Krian, sejumlah kios nampak hangus terbakar karena dekat dengan titik api, Selasa (20/8/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Berdasarkan pendataan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo, sebanyak 450 kios di Pasar Krian terdampak kebakaran pada Selasa (20/8/2024).

“Yang pasti kurang kebih hampir 450,” ujar Widiyantoro Basuki Kepala Disperindag Sidoarjo ditemui di Pasar Krian.

Untuk itu, Disperindag Sidoarjo sesegera mungkin menyediakan lapak sementara bagi para pedagang pasar yang terdampak kebakaran.

Pasalnya, kios tersebut merupakan salah satu mata pencarian pedagang. Apabila tidak berjualan selama beberapa hari, maka ekonomi mereka bakal mandek.

“Kami koordinasi dengan Plt Bupati yang berkaitan dengan tempat penampungan sementara karena mereka ini tidak bisa berhenti lama berjualan,” tuturnya.

Dalam waktu dekat, Basuki menyebut pihaknya akan segera berkoordinasi dengan para pedagang pasa serta organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Sidoarjo terkait untuk menentukan lokasi lapak sementara.

“Kami baru koordinasi dulai nanti dengan teman-teman OPD yang lain, pedagang di pasar, nanti kira-kira di mana. Ya sementara ini kalau terlihat ya parkiran depan ini gapapa sama belakang itu memungkinkan,” ungkapnya.

Sementara pantauan suarasurabaya.net, sekitar pukul 11.30 WIB, proses pemadaman sudah selesai. Petugas tinggal melakukan pembasahan di sejumlah titik.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran di Pasar Krian terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Sekitar 20 armada pemeadam diterjunkan untuk mengentikan amukan api.

Kompol Daky Dzul Qornain Kapolsek Krian mengatakan, titik api berasal dari belakang pasar atau arah selatan. Saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran.

“Berdasarkan keterangan para saksi yaitu penjaga malam pasar, api berasal dari kios klontong yang berada di bawah tangga belakang pasar tingkat,” ujar Daky. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs