Minggu, 8 September 2024

4 Pesan Mentor Mini Bootcamp Suara Surabaya Academy Agar Jago Tampil Public Speaking

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Adit Jufriansyah penyiar Radio Suara Surabaya memberikan materi public speaking dalam Mini Bootcamp "Jago Tampil" pada Rabu (10/7/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Empat pesan mentor Mini Bootcamp Suara Surabaya Academy turut berbagi tips agar para peserta jago tampil dalam public speaking.

Pertama ada Adit Jufriansyah, penyiar Suara Surabaya Media sekaligus profesional dubber yang menyebut, kesiapan paling utama adalah penampilan.

“Karena first impression (kesan pertama) itu style. Cocok atau tidak, bukan bagus atau tidak,” kata Adit, Kamis (11/7/2024).

Kedua,menurut Adit yaitu perbanyak referensi penampilan public speaker agar diri terus berkembang dengan mencari sumber yang tepat atau bergabung dengan komunitas.

“Dari mana aja, YouTube, dan ikuti komunitas public speaker itu menambah circle dan ilmu,” katanya lagi.

Sementara untuk penampilan praktik para peserta dihari kedua, lanjut Adit sudah hampir semua menerapkan ilmu yang diajarkan kemarin.

“Yang kami nilai itu dari public speaking, aksentuasi, intonasi, kepercayaan diri, dan suara. Terus struktur tulisan juga dari kejelasan struktur, berurutan apa gak, tutur bahasanya dan sebagainya. Pakaian, juga kita nilai. Kerapihan, kecocokan tema, dan kreativitas,” bebernya.

Sementara pesan ketiga menurut Ananda Maharani Penyiar Suara Surabaya sekaligus Panitia Suara Surabaya Academy yang menjadi mentor hari ini, peserta harus lebih percaya diri.

“Masukan mungkin lebih banyak harus lebih PD (percaya diri). Itu butuh waktu, harus terus dipupuk. Ilmu-ilmu dari mentor diaplikasikan selesai Mini Bootcamp Suara Surabaya Academy,” tambahnya.

Ananda Maharani dan Fahdil Rasyidi penyiar Suara Surabaya saat memberikan materi dalam Mini Bootcamp “Jago Tampil” pada Rabu (10/7/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Terakhir yang Keempat, kata Nanda sapaan akrabnya, perbanyak praktik atau trial and error agar terbiasa tampil.

“(Public speaking, style, script writing) itu kesatuan, tidak ada yang paling penting. Semuanya se-paket, karenanya kami menghadirkan jago tampil dengan package ini,” tandasnya. (lta/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs