Minggu, 8 September 2024

236 Orang Lulus Seleksi Administrasi Capim KPK Periode 2024-2029

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi - Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Indonesia. Foto: Getty Images

Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029, hari ini, Rabu (24/7/2024), mengumumkan hasil seleksi tahap awal.

Pengumuman disampaikan Muhammad Yusuf Ateh Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK, di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat.

Berdasarkan data, ada sebanyak 318 orang yang mendaftar sebagai calon Pimpinan KPK, dan 207 orang calon Dewan Pengawas KPK.

“Yang lolos seleksi untuk calon Pimpinan KPK sebanyak 236 orang (74 persen), dan calon Dewan Pengawas KPK sebanyak 146 orang (71 persen),” ujar Yusuf Ateh.

Calon Pimpinan KPK yang lolos seleksi administrasi terdiri dari 221 orang laki-laki, dan 15 orang perempuan. Sedangkang calon Dewas KPK 130 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.

Latar profesi yang memenuhi syarat administrasi calon Pimpinan KPK paling banyak akademisi, Pegawai Negeri Sipil, Hakim, Anggota Polri, dan Jaksa.

Sementara, untuk calon Dewas KPK paling banyak akademisi, lalu Hakim dan Pegawai Negeri Sipil.

Yusuf Ateh menyebut, dibandingkan dengan jumlah pendaftar yang lulus seleksi calon pimpinan periode sebelumnya, terjadi kenaikan dari sisi jumlah maupun persentase.

“ada seleksi tahun 2019, dari total 376 orang pendaftar, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 192 orang (51 persen),” ungkapnya.

Nama-nama pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan hari ini melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id)

Pendaftar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi, akan mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu tes tertulis, yang akan diselenggarakan hari Rabu (31/7/2024), di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Selatan.

Panitia Seleksi mengharapkan tanggapan masyarakat terhadap nama-nama peserta seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan 2024-2029 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Tanggapan masyarakat bisa disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi mulai tanggal 24 Juli 2024 sampai tanggal 24 Agustus 2024, melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat https://apel.setneg.go.id, atau melalui email ke [email protected] dan [email protected].

Seperti diketahui, Pansel Capim dan Dewas KPK periode 2024-2029 membuka pendaftaran mulai 26 Juni sampai 15 Juli 2024.

Nantinya, 10 nama yang memenuhi kriteria berdasarkan proses seleksi sebagai kandidat Pimpinan KPK, dan 10 nama calon Dewas KPK akan diserahkan kepada Joko Widodo Presiden.

Kemudian, Presiden mengirim para kandidat ke DPR RI untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III.(rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs