Sabtu, 6 Juli 2024

1.481 Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Tiba di Indonesia, Sujud Syukur Saat Injak Tanah Air

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Salah satu jemaah haji kloter pertama sujud syukur saat kembali ke tanah air, di Bandara Juanda, Sabtu (22/6/2024) malam. Foto: Istimewa.

Kloter pertama kepulangan jemaah haji Debarkasi Surabaya tiba di Bandar Udara International Juanda. Rombongan haji berjumlah 370 jemaah itu sujud syukur ketika kembali menginjak tanah air.

Jemaah haji kloter pertama asal Bojonegoro itu menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dan sukses mendarat di Bandara Juanda, Sabtu (22/6/2024) sekitar pukul 20.15 WIB.

Heri Trisno Wibowo Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda mengatakan, terdapat tiga kloter jemaah haji Debarkasi Surabaya yang dijadwalkan mendarat pada Sabtu malam.

Sesudah kloter pertama, akan disusul kloter dua yang tiba di Juanda pukul 21.50 WIB, kloter tiga pada pukul 23.35 WIB dan kloter empat pukul 00.36 WIB, Minggu (23/6/2024).

Sehingga total jemaah haji yang tiba di tanah Surabaya hingga saat ini mencapai 1.481 orang. Rinciannya, kloter pertama dan kedua 370 jemaah, kemudian kloter tiga 371 jemaah, dan kloter empat juga 370 jemaah.

Heri menjelaskan bahwa jumlah kloter debarkasi yang akan dilayani sama seperti saat embarkasi yaitu sebanyak 106 kloter.

“Untuk jadwal kepulangan atau debarkasi dimulai hari ini, 22 Juni dan selesai pada tanggal 21 Juli 2024. Adapun flow-nya setelah pesawat parkir di parking stand, para jemaah haji langsung turun baik melalui garbarata maupun tangga manual untuk menuju bus angkutan haji yang telah disediakan,” jelasnya.

Kemudian mereka akan menuju asrama haji untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan sebelum kembali ke kota/kabupaten masing-masing.

Sesampainya di asrama haji, para jemaah disambut langsung para pejabat lingkup Provinsi Jawa Timur.

Akhmad Jazuli Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya kepada 371 jemaah mendoakan para jemaah haji pulang ke tanah air dengan meraih haji mabrur.

“Kloter satu Insya Allah haji mabrur semua beritanya semuanya positif,” kata Jazuli di Asrama Haji Surabaya.

Sementara itu Mufi Imron Rosyadi Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur mengatakan, dari 371 jemaah haji kloter satu ada dua jemaah asal Kabupaten Bojonegoro yang wafat di tanah suci.

“Alhamdulillah hari ini 369 jemaah kloter satu telah kembali di tanah air dari total awal 371 jemaah. Namun ada satu mutasi masuk dari kloter 68, sehingga total jemaah yang pulang adalah 370 orang,” terang Mufi.

Lanjutnya, begitu tiba di asrama haji, jemaah datang mendapatkan snack kemudian mereka akan melewati thermoscan untuk pemeriksaan suhu tubuh, dan dipersilahkan duduk sesuai dengan rombongan.

Kemudian mereka menunggu proses loading barang bawaan jemaah dan juga stamp paspor kedatangan oleh Petugas Imigrasi. Jika sudah selesai semua, jemaah akan menerima paspor dan juga air zam-zam.

“Jemaah akan menerima air zam-zam sebanyak 5 liter dengan ketentuan jemaah haji memperlihatkan paspor kepada petugas,” jelasnya.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
31o
Kurs