Minggu, 8 September 2024

Pindahan ke IKN Nusantara Dimulai pada HUT RI 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur sedang dalam proses pembangunan. Foto: Antara

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 disebut menjadi titik awal perpindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami berharap dan bekerja keras bahwa target pada tahun depan yakni Upacara Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 akan berlangsung di IKN Nusantara yang dipimpin Presiden RI akan terwujud. Di situlah sebuah titik mengawali perpindahan secara bertahap ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara,” ujar Agung Wicaksono Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Dilansir Antara pada Minggu (30/7/2023), Agung mengatakan jika Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyebutkan progres pembangunan IKN Nusantara mencapai 36 persen dan berjalan sesuai rencana. Sedangkan pembangunan Istana Presiden di IKN yang mencapai 23 persen.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono Menteri PUPR mengatakan di depan kawasan Istana Presiden di IKN Nusantara terdapat plaza dan lapangan upacara.

Basuki berharap lapangan atau tempat upacara tersebut dapat dirampungkan pembangunannya pada akhir Desember 2022. Sedangkan Istana Negara dan Kantor Presiden ditargetkan bisa diselesaikan Juli 2024.

Presiden RI berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Periode 2022-2024 merupakan pemindahan tahap awal ke IKN Nusantara. Dilakukan dengan pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR, dan perumahan, juga meliputi pemindahan ASN tahap awal. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs