Jumat, 20 September 2024

Pemkot Surabaya Menjamin Sarana Prasarana Stadion GBT Siap untuk Pildun U-17

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyatakan rencana konvoi Timnas Indonesia 11 Juni saat konferensi pers di Stadion GBT, Selasa (6/6/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan sarana prasarana serta infrastruktur di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) siap digunakan untuk pelaksanaan Piala Dunia U-17 pada November 2023 mendatang.

“GBT sudah siap, sudah dilihat FIFA. Tidak ada perbaikan. Yang pasti terkait jalan, akses, taman-taman yang sekitar GBT yang akan kami lakukan. Tapi kalau di dalam (stadion), alhamdulillah sudah,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

Sebelumnya, tim dari FIFA meninjau langsung stadion kebanggaan Arek Suroboyo tersebut pada Senin 31 Juli 2023 lalu.

“Kalau jalan sudah tidak ada masalah. Jadi tinggal tes saja, cek, sampai jalan itu nyaman untuk dipakai,” ujarnya.

Sedangkan dari segi transportasi, Eri menjelaskan akses tol yang langsung menuju Stadion GBT juga siap untuk digunakan. Bahkan, pada pertandingan sebelumnya, akses jalan tol telah digunakan, dilansir Antara.

“Kami buka tol semuanya. Kalau yang naik motor memang lewat bawah, tapi naik mobil tidak lagi lewat tol Romokalisari, tetapi tol yang keluar langsung terhubung GBT. Juga ada yang tembusan dari Pelindo, ada dua jalur, kita buka semuanya,” tutur Wali Kota yang akrab disapa Cak Eri.

Lebih lanjut, dia berharap gelaran Piala Dunia U-17 tidak sampai berdampak pada penyelenggaraan Liga 1 Indonesia. Sebab sebelumnya, ada informasi terkait rencana Liga 1 akan diliburkan sementara saat gelaran piala dunia berlangsung.

“Semoga ini berjalan terus. Sehingga, Persebaya bisa main dan Piala Dunia juga bisa main. Bagaimana pun Persebaya adalah timnya Arek Suroboyo, sehingga pertandingan kalau bisa (home base) tetap ada di Surabaya,” ujarnya.

Untuk menyemarakkan Piala Dunia U-17, Cak Eri juga berencana menggerakkan wisata olahraga mulai di tingkat perkampungan dengan menggelar berbagai perlombaan hingga pencarian bibit-bibit unggul di bidang olahraga sepak bola.

“Jadi, kami lakukan mulai nanti mengawali pada bulan Agustus menyambut HUT ke-78 RI, itu juga akan dilakukan pencarian bakat untuk talenta-talenta sepak bola,” tandasnya.(ant/fra/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs