Minggu, 8 September 2024

KPK Minta Keterangan Syahrul Yasin Limpo Mentan Terkait Pengusutan Kasus Dugaan Korupsi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian menjawab pertanyaan wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (7/2/2020). Foto: Antara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Senin (19/6/2023), memanggil Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian (Mentan) ke Kantor KPK, Jakarta Selatan.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK mengatakan, pemanggilan itu dilakukan untuk meminta keterangan terkait penyelidikan dugaan korupsi.

Dia menambahkan, keterangan Syahrul Yasin Limpo diperlukan Penyelidik KPK sebelum menentukan bisa tidaknya naik ke tahap penyidikan.

Sampai sekarang, Ali Fikri belum mengungkapkan detail kasus korupsi yang diduga terjadi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Informasi yang beredar di kalangan pewarta, Syahrul Yasin Limpo sudah berada di Gedung ACLC atau Kantor KPK yang lama, dari pukul 09.30 WIB, dan sekarang masih memberikan keterangan.

Sebelumnya, KPK sudah dua kali memanggil politikus Partai NasDem tersebut untuk memberikan keterangan kepada Penyelidik KPK.

Tapi, SYL tidak datang dengan alasan ada pekerjaan, dan sedang berada di India menghadiri pertemuan para Menteri Pertanian Negara G20.

Dalam keterangannya beberapa waktu lalu, Yasin Limpo menyatakan tidak tahu penyelidikan kasus apa yang sedang dilakukan KPK.

Walau begitu, dia bilang akan bersikap kooperatif dan menghormati proses pengusutan yang sedang berjalan.

Sekadar informasi, KPK melakukan penyelidikan sebagai awalan dalam mengusut dugaan suatu tindak pidana korupsi.

Lazimnya, komisi antirasuah belum menetapkan tersangka dalam proses penyelidikan.(rid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs