Minggu, 8 September 2024

Jepang Akan Lanjutkan Pembuangan Limbah Fukushima Pada 5 Oktober

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi yang terpotret dari Futabacho, Futabagun, Prefektur Fukushima, Jepang, (6/3/2023). Foto: Antara/ Xinhua

Pembuangan limbah air radio aktif tahap kedua dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi akan dilakukan pada 5 Oktober mendatang.

Melansir Antara, pembuangan limbah tahap dua itu disampaikan operator fasilitas tersebut, Kamis (28/9/2023) hari ini.

Perusahaan multinasional Tokyo Electric Power Company (TEPCO) sebelumnya telah membuang sekitar 7.800 ton air olahan radio aktif ke perairan, yang dimulai pada 24 Agustus dan selesai pada 11 September 2023 lalu.

TEPCO dan pemerintah Jepang menganggap pembuangan air limbah olahan itu merupakan langkah krusial menuju penutupan PLTN Fukushima, yang rusak parah akibat bencana gempa bumi dan tsunami pada 2011.

Pada 26 Agustus 2023 lalu, Jepang telah menyatakan bahwa tak ditemukan kandungan tritium, pada sampel ikan yang diambil di perairan dekat PLTN Fukushima, tempat olahan air radioaktif dibuang.

Badan Perikanan Jepang menjelaskan sampel ikan yang diperiksa adalah kerapu dan ikan pipih. Sampel diambil di perairan yang berjarak lima kilometer dari saluran pembuangan Fukushima Daiichi pada 25 Agustus 2023. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs