Jumat, 20 September 2024

Cuaca di Surabaya dan Sebagian Besar Jatim Hari Ini Diprakirakan Cerah hingga Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi langit cerah berawan. Foto: Freepik

Cuaca sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim), Sabtu (18/11/2023) ini, diprakirakan kembali dominan cerah setelah sehari sebelumnya hujan di sebagian besar daerah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, menyebut potensi hujan hari ini hanya ada di tiga Kabupaten.

Rinciannya Kabupaten Pasuruan dan Pamekasan pada siang sampai sore hari dengan intensitas lebat disertai petir, disusul hujan intensitas ringan di Kabupaten Tuban pada malam harinya.

Sedangkan untuk wilayah Gerbangkertosusila (Kabupaten Gresik, Bangkalan, Kabupaten/Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Lamongan) diprakirakan cerah hingga berawan seharian ini.

Demikian dengan Malang Raya (Kota/Kabupaten Malang dan Batu) dan wilayah Timur seperti Probolinggo, Situbondo dan Banyuwangi diprakirakan belum ada potensi turun hujan.

Suhu udara di Jatim hari ini berkisar 15 hingga 36 derajat celcius, dengan angin dominan berhembus dari Barat Daya ke Selatan dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam. Sementara kelembapan udara di angka 40-100 persen.

Untuk wilayah perairan Jatim, diprakirakan BMKG Maritim Tanjung Perak kondisinya berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Selatan, kecepatan angin maksimumnya di Laut Jawa bagian timur 20 knots (37 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (27 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-1.8 meter. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
31o
Kurs