Jumat, 11 Oktober 2024

BMKG Sebut Jawa Timur Memasuki Hari Tanpa Bayangan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
BMKG Juanda menyebut sejumlah wilayah di Jatim memasuki hari tanpa bayangan atau kulminasi. Foto: Ilustrasi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda menyebut sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) memasuki hari tanpa bayangan atau kulminasi.

Kulminasi merupakan fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

“Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat ‘menghilang’, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri,” terang Teguh Tri Susanto Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda dilansir Antara, Sabtu (7/10/2023).

Teguh mengatakan, hal itu terjadi karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika bidang revolusi bumi. Sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun.

“Hal ini disebut sebagai gerak semu harian matahari,” tuturnya.

Ia mengatakan, kulminasi utama di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

“Di kota-kota lain, kulminasi utama terjadi saat deklinasi matahari sama dengan lintang kota tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini juga terjadi El Nino pada bulan September hingga November yang secara umum El Nino berdampak terhadap penurunan curah hujan di Jawa Timur sebesar lebih dari 40 persen.

Akan tetapi, ketika memasuki bulan Desember hingga Februari pada umumnya dampak El Nino mempengaruhi penurunan curah hujan Jawa Timur sebesar 1-20 persen.

“Dampak El Nino sangat bergantung pada kondisi angin gradien yang aktif. Jadi tidak dapat disamakan dampak El Nino pada setiap bulannya,” ujarnya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Kulminasi, Fenomena Hilangnya Bayangan


..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
32o
Kurs