Selasa, 1 Oktober 2024

Pemprov Jatim dan SRC Launching Gerakan Belanja Dekat Rumah

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Drajat Irawan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dan Sampoerna Retail Community (SRC) melaunching gerakan Belanja Dekat Rumah dalam sebuah festival yang digelar di Parkir Timur Delta Plaza, Surabaya pada Minggu (1/12/2019).

Gerakan ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan daya saing UMKM sektor retail yang saat ini berhadapan dengan minimarket modern. Kolaborasi ini diklaim sebagai perwujudan dari Nawa Bhakti Satya, sembilan program prioritas Pemprov Jatim saat ini.

Selain itu, Drajat Irawan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim mengatakan, selain launching gerakan beli dekat rumah, Pemprov jatim juga memiliki program yang dinamakan Relawan Garda Indag (Perindustrian dan Perdagangan). Komunitas ini bertugas untuk mengedukasi publik menjadi konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri.

“Garda Indag, bekerjasama dengan HM Sampoerna dan SRC, mengedukasi relawan-relawan yang menjadi salah satu fasilitasi cinta produk Indonesia. Jadi relawan garda indag, dilatih disperindag tentang UU 7 perdagangan, UU 3 perindustrian, UU 8 99 tentang perlindungan konsumen dan kerelawanan. Serta materi aku cinta Indoensia, mereka akan menjadi penjelas terhadap program aci. Agar kita menjaga kedaulatan produk dalam negeri,” jelas Drajat di Parkir Timur Delta Plaza, Surabaya pada Minggu (1/12/2019).

Ia menjelaskan, saat ini masih ada 100 relawan garda Indag di seluruh Provinsi Jatim. Ia mengatakan, jumlah ini akan terus bertumbuh. “Nanti bersama-sama kita empowering terus,” katanya.

Drajad berharap garda indag juga bisa membantu pemerintah dalam mengontrol harga komoditas di Jatim. “Di jatim, harga komoditi penting, menjelang hari besar keagamaan. Harga beras, minyak goreng, tepung, harga cabe rawit, cabe keriting, telur, daging ayam, daging sapi, termasuk harga-harga bawang merah, ini sudah ada jajarannya,” pungkasnya. (bas/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 1 Oktober 2024
30o
Kurs