Jumat, 11 Oktober 2024

Nyemplung Sungai Medokan Sawah Timur, Evakuasi Avanza Ini Cukup Sulit

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Mobil PMK yang dilengkapi derek saat mengangkat mobil Avanza S 1982 JS yang nyemplung di sungai Medokan Sawah Timur, Selasa (8/1/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Mobil Avanza Putih S 1982 JS nyemplung sungai di Jalan Medokan Sawah Timur setelah melewati jembatan di Jalan Graha Gununganyar Tambak, Selasa (8/1/2019) malam.

Sukur pengendara Avanza yang tinggal di Medokan Sawah Timur mengatakan, saat itu dia mengendarai mobil bersama Sohibul Amin saudaranya dan seorang putranya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 21.10 WIB ketika dia hendak pulang dari jalan-jalan mencoba mobil baru. Sampai di turunan jembatan, tiba-tiba dia kesulitan mengendalikan mobil itu.

“Enggak tahu kenapa saya enggak bisa mengendalikan mobil. Setirnya terus ke kiri, akhirnya masuk ke sungai,” ujarnya ketika ditemui di lokasi kejadian, Selasa malam. Dia menduga ban mobil itu selip.

Semua penumpang, termasuk Sukur, selamat. Mereka tidak mengalami luka berarti. Sohibul Amin saudara Sukur, di lokasi kejadian mengatakan, mobil yang mereka kendarai sebenarnya tidak melaju kencang.

“Meluncur ke kali juga tidak langsung byur. Saya sudah membantu menarik hand rem sampai mentok karena kakak saya itu sempat panik. Tapi mobilnya tetap maju sampai ke sungai,” katanya.

Sejumlah tim gabungan kepolisian, BPB Linmas, Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Satpol-PP Surabaya dan Dishub Kota Surabaya terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

Satu unit mobil pemadam kebakaran yang dilengkapi derek diterjunkan ke lokasi untuk mengevakuasi Avanza baru itu. Proses evakuasi ini pun berlangsung cukup sulit.

Ketika derek mobil PMK menarik Avanza itu ke atas, ada bagian mobil yang tersangkut tepian sungai. Sejumlah tim pemadam kebakaran berupaya menarik keluar mobil ini, tapi beberapa kali gagal.

Sampai akhirnya, kendaraan derek Dishub Surabaya turut melakukan evakuasi mobil. Secara bersamaan dua kendaraan ini menarik mobil itu ke atas sekaligus menariknya keluar.

Kendalanya, posisi mobil yang tidak menguntungkan. Ketika derek Dishub Surabaya menarik Avanza ini ke arah barat, posisi mobil justru jadi miring ke kiri dan tersangkut tepian sungai.

Setelah beberapa kali upaya penarikan secara bersamaan, mobil itu akhirnya berhasil dievakuasi dan diderek ke Markas Unit Laka Lantas Polrestabes Surabaya.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Surabaya
Jumat, 11 Oktober 2024
25o
Kurs