Sabtu, 21 September 2024

Jalan Tol Ngawi-Kertosono Bisa Bernyanyi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Ada ruas jalan yang bisa bernyanyi (singing road) di KM 644 Tol Ngawi-Kertosono. Singing road adalah inovasi rumble streep yang kalau dilewati bisa mengeluarkan bunyi atau nada.

Dwi Winarsa Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri mengatakan bahwa bunyi yang dihasilkan dari alat yang dipasang di ruas jalan tersebut adalah enam nada intro lagu “Happy Birthday”.

“Idenya tidak orisinil. Di beberapa negara sudah ada. Cuma kita tidak mendapatkan rumusan tekniknya, sehingga formula dan pemasangannya kami uji coba dan otak-atik sendiri,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (31/12/2019).

Tujuan pemasangan singing road ini agar pemakai jalan yang mengantuk kembali fokus saat mengemudi.

“Jalan tol ini sepanjang 8 kilometer dengan jalan lurus yang panjang. Berdasarkan pemantauan kami, pemakai jalan tol mulai kurang fokus dan cenderung over speed di KM 644,” kata dia.

Tujuan lainnya, agar pemakain jalan tol berkendara dengan kecepatan yang dianjurkan, yaitu maksimal 100 km/jam. Alat ini akan berbunyi ketika ada pengendara yang melaluinya dengan kecepatan 80-100 km per jam. Di bawah atau di atas itu, nadanya kurang pas.

Selain di KM 644, ada singing road hasil percobaan di KM 618 yang hanya menghasilkan dua nada.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
29o
Kurs