Minggu, 8 September 2024
Jalan Raya Gubeng Ambles

Persatuan Insinyur Dorong Pembentukan Tim Investigasi Independen

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Foto udara kondisi ruas Jalan Gubeng, Surabaya yang ambles, Rabu (19/12/2018) pagi. Foto: MIC untuk suarasurabaya.net

Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Provinsi Jawa Timur menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya pada Selasa (18/12/2018) pukul 21.45 WIB.

Ir. Andira Reo Putra, Sekretaris Umum PII Provinsi Jatim menyatakan pihaknya juga mengapresiasi pihak kepolisian yang secara sigap telah melakukan pengamanan lokasi kejadian bencana.

“Kami mendorong pihak berwenang untuk membentuk tim investigasi independen untuk menyelidiki penyebab kejadian amblesnya Jalan Raya Gubeng,” katanya seperti dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (19/12/2018) pagi.

PII Jatim juga meminta kepada Pemkot Surabaya untuk mengevaluasi proses perizinan dan mekanisme pengawasan terhadap pelaksanaan konstruksi jalan tersebut.

Selain itu, melakukan Audit forensik terhadap berbagai Proyek di sekitar lokasi kejadian bencana, yang sangat berpeluang menjadi pemicu terjadinya bencana tersebut. Termasuk, terhadap Pekerjaan pembangunan basement RS. Siloam yang tidak menggunakan sheet pile sehingga berpeluang menimbulkan dorongan tanah horizontal atau sliding area pada jalan di sekitarnya.

Persatuan Insinyur Indonesia (PII), dalam hal ini PW PII Jatim sebagai organisasi profesi keinsinyuran, yang sesuai undang-undang berhak melakukan intervensi atau evaluasi atas pekerjaan keinsinyuran, akan melakukan Investigasi atau audit forensik secara lebih mendalam untuk memastikan penyebab bencana jalan ambles tersebut.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs