Jumat, 4 Oktober 2024

Antisipasi Waduk Pacal Bojonegoro Jebol, BBWS Bengawan Solo Membuat Sodetan Air Waduk

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi, Waduk Pacal Bojonegoro. Foto: youtube/ibnushobirin

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah, membuat sodetan untuk mengalirkan air Waduk Pacal di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melalui saluran pelimpas.

Andik Sudjarwo Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, di Bojonegoro, Rabu (14/3/2018), menjelaskan pembuatan sodetan di saluran pelimpas dilakukan untuk mengurangi debit air Waduk Pacal yang masih terus bertambah.

“Pengerjaan pembuatan sodetan dilakukan dengan memanfaatkan satu peralatan backhoe sejak sehari lalu,” ucapnya.

Ia menyebutkan ketinggian air pada papan duga di Waduk Pacal terus bertambah hingga mencapai ketinggian pada papan duga 116 meter dengan kapasitas lebih dari 30 juta meter kubik.

“Batas aman ketinggian air waduk 113,6 meter,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Oleh karena itu, menurut dia, air Waduk Pacal harus dikurangi, sebab kalau tidak dikurangi, bisa membahayakan bendungan Waduk Pacal yang dibangun Belanda pada 1933.

“Kalau bendungan jebol bisa terjadi banjir bandang,” ujarnya.

Ia memberikan gambaran Waduk Situ Gintung yang pernah jebol kapasitasnya hanya 1,5 juta meter kubik, sedangkan Waduk Pacal sekarang terisi air lebih dari 25 juta meter kubik.

“Kalau bendungan waduk jebol maka banjir bandang bisa melanda sejumlah kecamatan,” ucapnya menegaskan.

Sementara ini, kata dia, pintu pengeluaran utama Waduk Pacal, macet tidak bisa dibuka akibat tertutup lumpur, ditambah di depannya di saluran pengeluaran juga tertutup tanah longsor.

Ia memperkirakan petugas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo di Solo, dalam membersihkan tanah longsor yang menutup saluran pengeluaran membutuhkan waktu lima hari, karena tanah yang menutup saluran pengeluaran cukup banyak. (ant/ino/ipg)

Berita Terkait

..
TERKINI POPULER TERPILIH
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 4 Oktober 2024
26o
Kurs