Sabtu, 21 September 2024

Q-Card Kartini Hari Ini Peringati Hari Kartini

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Q-Card; Kartini Hari Ini, untuk peringati hari Kartini. Foto: Humas Ubaya

Memperingati Hari Kartini, menciptakan Q-Card bertema Kartini Hari Ini, berisi sejumlah sosok perempuan Indonesia yang berprestasi pada bidang masing-masing.

Ambar Cahya Pertiwi, mahasiswi Program Kekhususan Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya, memaknai Hari Kartini dengan mendesain 4 kartu Queen pada kartu Remi bernuansa perempuan, Q-card.

Kartu Queen dipilih karena Ratu identik dengan wanita, menurut Ambar Cahya Pertiwi, perayaan Hari Kartini dengan tema riset Kartini Hari Ini adalah mereka yang mencintai sebuah bidang dan menjalankannya dengan sepenuh hati.

Mahasiswi semester 6 ini melakukan riset dari berbagai sumber dan memilih empat tokoh yang dianggap sebagai Kartini Hari Ini dan mencocokkan karakter tokoh berdasarkan karakteristik dari simbol kartu (diamond, spade, club dan heart).

Diamond identik dengan harta dan kepemimpinan, maka Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D yang merupakan Menteri Keuangan Republik Indonesia dipilih menjadi simbol sang pemimpin.

Spade identik dengan kekuatan, Liliyana Natsir merupakan atlit bulu tangkis wanita Indonesia dan dikenal sebagai sosok yang kuat dan pantang menyerah dipilih untuk menjadi simbol sang pemberani.

Heart identik dengan pengabdian dan cinta akan sesama, Dian Sastro yang merupakan seorang public figur dipilih menjadi simbol sang pengabdi karena rekam jejaknya dalam pengabdian masyarakat dan jiwa sosialnya yang tinggi.

Club identik dengan kecerdasan, Najwa Shihab yang merupakan presenter berita dan Duta Baca Indonesia dipilih menjadi simbol sang peneliti karena kecerdasannya.

“Pada masa ini, kedudukan wanita sudah setara dengan pria, wanita sudah bisa melakukan pekerjaan apapun. Wanita yang mencintai satu bidang profesi dan menjalankannya dengan sepenuh hati patut disebut sebagai Kartini Hari Ini,” terang Ambar Cahya Pertiwi.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
32o
Kurs