Rabu, 23 Oktober 2024

KPK Butuh Penasihat yang Bisa Menjaring Berbagai Masukan Masyarakat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Imam Prasodjo Ketua Pansel Penasihat KPK, memberikan keterangan soal seleksi di Gedung KPK, Jakarta, Senin (30/1/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah hampir dua tahun ini tidak punya penasehat. Padahal, posisi itu sangat penting buat lembaga anti korupsi.

Makanya, awal tahun ini, KPK melakukan seleksi untuk ditempatkan posisi sebagai penasihat.

Imam Prasodjo sosiolog dari Universitas Indonesia, kembali ditunjuk sebagai Ketua Panitia Seleksi, yang kali ini dibantu Busyro Muqqodas, Mahfud MD, Saldi Isra, dan Rhenald Kasali.

Selain punya kompetensi dan independensi, Panitia Seleksi juga berharap penasihat yang nanti terpilih, bisa menjaring masukan dari masyarakat.

“Penasihat yang kita inginkan tentu punya kompetensi, independensi dan juga kemampuan untuk mengkomunikasikan dan menjaring masukan dari seluruh masyarakat. Jadi tidak hanya kemampuan pribadi tapi kemampuan untuk menjaring segala macam pikiran dan keahlian,” ujarnya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (30/1/2017).

Rencananya, Panitia Seleksi mulai menjaring nama-nama calon penasihat KPK, pekan depan, lalu diumumkan ke publik.

Sekadar diketahui, Penasihat KPK terakhir diemban oleh Suwarsono, sebelum mengundurkan diri pada April 2015, karena ingin fokus ke keluarganya.

Sebelumnya, Mohammad Mu` tashim Billah lebih dulu mengundurkan diri, pada Agustus 2013, karena ada saudaranya yang juga bekerja di KPK. (rid/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
27o
Kurs