Sabtu, 21 September 2024

ITS Raih Rapor Terbaik 2 PTN BLU

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rektor ITS (kanan) usai menerima rapor terbaik ke 2 PTN BLU dari Kemenristekdikti. Foto: Humas ITS Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya raih penghargaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (BLU) dengan rapor terbaik ke-2 Kemenristekdikti.

Rapor terbaik ke 2 tersebut dalam hal pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran semester II pada tahun anggaran 2016 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

Penghargaan yang diserahkan langsung Prof Dr Mohamad Nasir Menristekdikti, kepada Prof Ir Joni Hermana MScEs PhD, Rektor ITS, di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu merupakan catatan prestasi terakhir ITS sebagai PTN-BLU.

Karena saat ini, ITS telah menyandang status sebagai PTN Berbadan Hukum (PTN-BH). Posisi pertama untuk penghargaan yang sama diduduki oleh Universitas Brawijaya (UB), Malang.

Perolehan penghargaan ini sebenarnya telah disiapkan betul oleh ITS. Setelah satu tahun lamanya mengalami ralat pada sistem, Joni mengaku telah menyiapkan tim informasi dan teknologi yang bertugas mengunggah data.

“Sempat mengalami kekeliruan pada sistem yang tidak dapat membaca beberapa berkas yang diunggah, namun alhamdulillah sudah teratasi,” tutur Joni.

Kepastian data yang diunggah merupakan satu diantara poin penting yang harus diperhatikan. “Kami memperbaiki sistem yang seringkali diremehkan namun dapat berdampak besar bagi peringkat PTN, yaitu kepastian terunggahnya data,” kata Joni.

Data-data tersebut berupa karya tulis ilmiah, prestasi, publikasi dosen dan lain sebagainya yang segera diunggah pada Sistem Monitoring dan Evaluasi (Simonev).

Menurut Joni, capaian ini menjadi penutup yang baik bagi ITS dengan status BLU. Pasalnya, untuk ke depannya ITS akan bersaing mendapatkan penghargaan dengan status PTN-BH.

“Saya berharap agar seluruh sivitas akademika ITS dapat bersama sama mempertahankan apa yang telah dicapai saat ini. Terus tingkatkan prestasi agar menjadi lebih baik dan jangan sampai lengah,” pungkas Joni, Kamis (9/2/2017). (tok/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
30o
Kurs