Kamis, 24 Oktober 2024

Cuaca di Surabaya Hari Ini Masih Berpotensi Hujan pada Siang dan Sore

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Cuaca di Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik, Sabtu (25/11/2017) hari ini masih berpotensi hujan pada siang hingga sore

“Diprakirakan hujan hari ini tidak sederas Jumat kemarin. Intensitas hanya ringan hingga sedang, tapi juga potensi disertai angin kencang dan petir. Kecepatan angin berkisar 20-40 kilometer perjam dari arah Tenggara ke Barat Laut,” kata Oky Sukma Hakim, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya pada suarasurabaya.net, Sabtu pagi.

Sementara itu cuaca untuk penerbangan kata Oky, pagi ini masih relatif kondusif. Pumpunan awan di atas perairan Utara Jatim belum memasuki daratan. Namun di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Barat mulai tampak awan Cumulonimbus (CB). Begitu juga di pesisir Timur Sumatera, Kalimantan bagian Barat, dan Papua bagian Utara.

“Jadi perlu diwaspadai penerbangan yang mengarah di rute kawasan itu,” ujarnya.

Oky mengatakan bahwa selain Surabaya dan sekitarnya potensi hujan bakal terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur lainnya.

“Bahkan potensi hujan deras pada siang, sore dan malam hari diprakirakan terjadi di Malang, Batu, Tulungagung, Blitar, Kediri, Magetan, Trenggalek, Mojokerto, Ngawi, Madiun, Ponorogo, Nganjuk, Jombang, Bojonegoro, dan Lumajang,” katanya.

Oky mengimbau, perlu diwaspadai curah hujan yang signifikan beberapa hari ini, khususnya pada sore hari.

“Biasanya puncak hujan deras terjadi sore hari. Apalagi ini akhir pekan banyak yang berativitas berlibur. Waspadai jika berlibur di luar ruangan,” ujarnya.

Sekadar diketahui kata Oky, hujan dengan intensitas deras, curah hujannya berkisar 50-100 milimeter perhari atau 10-20 milimeter perjam. Hujan intensitas sedang 20-50 milimeter perhari atau 5-10 milimeter perjam. Hujan intensitas ringan 5-20 milimeter perhari atau 1-5 milimeter perjam.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 24 Oktober 2024
28o
Kurs