Rabu, 23 Oktober 2024

Prajurit Marinir Wilayah Timur Ikuti Upacara HUT TNI AL ke 71 Tahun

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Inspektur Upacara lakukan pemeriksaan peserta upacara HUT ke 71 TNI AL. Foto: Dispen Kormar.

Peringati HUT ke 71 TNI AL Tahun 2016, segenap prajurit dan PNS Marinir Wilayah Timur (Marwiltim) gelar upacara di lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Selasa (13/9/2016).

Upacara dipimpin Letkol Marinir Ruslan Arief Asrena Danpasmar-1 selaku Inspektur Upacara dan Mayor Marinir Oktofiansyah Wadan Yonarhanud-1 Mar selaku Komandan Upacara.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanat yang di bacakan Asrena Danpasmar-1 mengatakan bahwa tanggal 10 September 1945 telah ditetapkan hari jadi TNI AL yang merupakan momen penting untuk mengingatkan kita akan sejarah pengabdian TNI AL kepada negara dan bangsa Indonesia.

Sejarah tersebut dimulai saat dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut, yang dipelopori oleh pelaut veteran Indonesia yang berdinas di Angkatan Laut Belanda dan Kaigun dimasa pendudukan Jepang.

Dengan terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) tanggal 5 Oktober 1945, lanjutnya, BKR Laut bertranformasi menjadi TKR Laut yang selanjutnya berubah nama menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI).

Berbagai pertempuran heroik melawan penjajah dalam mempertahankan dan memperjuangkan kejayaan bangsa Indonesia telah ditempuh diantaranya Operasi Lintas Laut di Selat Bali oleh Pasukan M. Pimpinan Kapten Markadi dan pertempuran di Laut Aru yang dipimpin Komodor Yos Sudarso.

Disamping itu, Kasal menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AL atas Dedikasi, Loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AL.

Sementara itu kepada sesepuh dan pinisepuh serta seluruh keluarga besar prajurit TNI AL yang selalu memberikan dukungan, motivasi, sumbangan pemikiran dan doa yang tulus ikhlas, Kasal mengingatkan bahwa hal itu memberikan kepercayaan diri yang kuat bagi prajurit dalam melaksanakan tugas yang diemban.

“Sejarah mencatat TNI AL senantiasa berkontribusi pada upaya mewujudkan tujuan nasional khususnya di bidang pertahanan. Untuk menunjukan komitmenya tema yang diambil dalam peringataan HUT TNI AL tahun ini adalah: Melalui Aktualisasi nilai-nilai Tri Sila, Kita tingkatkan pencapaian tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam mendukung Pembangunan Nasional,” tegasnya.

Hadir dalam upacara peringatan HUT TNI AL ke-71 tahun 2016 tersebut para pejabat teras di jajaran Marwiltim.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 23 Oktober 2024
30o
Kurs