Jumat, 20 September 2024

Lomba Perahu Layar 2016 Sepi Peserta

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Lomba Perahu Layar 2016 di Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Sabtu (23/7/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Festival Perahu Layar 2016 yang digelar di Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Sabtu (23/7/2016) sepi peserta, bahkan menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Wasito Koordinator Lapangan Lomba Perahu Layar 2016 mengatakan, hanya ada 37 nelayan peserta lomba di tahun ini. Padahal, pada tahun sebelumnya peserta bisa mencapai 50 hingga 60 perahu.

Lomba yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini sudah selesai sebelum pukul 13.00 WIB. Sudah ada sekitar 18 peserta yang telah lolos tahap seleksi hari ini.

“Tahun ini jumlah pesertanya memang menurun drastis. Mungkin karena berbenturan dengan kebutuhan anak,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu siang.

Menurutnya, biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba memang tidak sedikit. Setidaknya, peserta menghabiskan lebih dari 2 juta rupiah untuk keperluan lomba.

Baik untuk menghias perahu seperti mengecat ulang dengan warna menarik, selain itu untuk membeli tiang layar baru yang membutuhkan setidaknya Rp2,5 juta.

“Padahal, untuk lomba ini memang tidak ada biayanya. Pendaftarannya gratis, karena sudah didanai oleh Pemkot Surabaya” katanya.

Khusus tahun ini, kata Wasito, memang ada kategori tambahan dalam lomba. Selain lomba ketangkasan, kategori hias perahu juga dilombakan.

Nantinya, akan ada 10 peserta yang memenangkan lomba dari total peserta. Juara pertama akan mendapat hadiah Rp7,5 juta. “Nanti lainnya juga dapat hadiah, tapi saya lupa berapa,” ujarnya.

Sedangkan untuk pemenang lomba hias perahu, yang akan dinilai dari kecantikan tampilan perahu oleh panitia, akan mendapat Rp1,5 juta. Final Lomba Perahu Layar 2016 ini akan digelar besok, Minggu (24/7/2016) pagi.(den/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
28o
Kurs