Sabtu, 29 Juni 2024

Senin Siang, Abu Raung Hujani 12 Kecamatan di Bondowoso

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gunung Raung yang sedang menyemburkan asap di potret dari Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (17/7/2015). Foto: Friska Bastiyar untuk redaksi suarasuaranet

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, hujan abu vulkanik Gunung Raung turun di 12 kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Senin (20/7/2015) siang.

Kecamatan tersebut adalah Sumber Wringin, Tlogosari, Sukosari, Pujer, Tamanan, Jambesari, Wonosari, Sempol, Tapen, Prajekan, Klabang dan Kecamatan Kota.

Hendri Widotono Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso memperkirakan, angka ini akan terus bertambah karena arah angin yang membawa abu vulkanik Raung yang mencapai ketinggian 1.500 meter sampai 2.000 meter, saat ini mengarah ke utara.

“Kami terus melakukan pemantauan sebaran abu di Bondowoso sembari mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang, meski intenstas hujan abu di beberapa wilayah mulai meresahkan,” kata Hendri Widotono kepada Friska Bastiyar, jurnalis yang berada di Bondowoso, Senin (20/7/2015).

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) di Songgon Banyuwangi merilis aktifitas Gunung Raung hari ini terpantau masih terus mengalami peningkatan. Tercatat tremor secara terus menerus masih terjadi dengan amplitudo 5-32 dominan 22 milimeter. Sementara ketinggian asap mencapai 1.500 meter dari permukaan kaldera.(iss/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 29 Juni 2024
28o
Kurs