Kamis, 4 Juli 2024

Raung Erupsi, Warga Mulai Resah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gunung Raung. Foto: Antara

Aktifitas Gunung Raung yang terus meningkat setiap hari mulai membuat warga disekitar lereng gunung setinggi 3.332 mpdl tersebut resah.

Berdasarkan pantauan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Songgon, Banyuwangi yang diterima BPBD Bondowoso menyebutkan, beberapa kali terlihat cahaya api yang berasal dari kawah Gunung Raung disertai kepulan asap tebal setinggi 300 meter.

Salah seorang warga dari Dusun Legan Desa Sumber Wringin, Usdar mengaku mulai takut melihat kondisi gunung raung saat ini.

Dikatakan Usdar, biasanya masyarakat tidak terlalu khawatir karena sudah terbiasa mendengar suara gemuruh dari gunung raung.

Namun sejak dinaikkan statusnya menjadi siaga pada 29 Juli lalu, warga sering merasa takut karena kerap melihat percikan lava pijar dan suara ledakan dari puncak gunung.

“Iya sudah terasa hujan abunya. Setiap malam juga kelihatan ada api dari gunung sama suara kayak guntur, kami semua ya takut,” kata Usdar saat ditemui Friska Bastiyar reporter KBR68H di Dusun Legan, Desa Sumber Wringin, Sabtu (4/7/2015).

Ini juga diamini oleh sebagian besar warga yang ditemui KBR di Dusun yang berjarak 10 km dari puncak raung tersebut.

Friska Bastiyar pada suarasurabaya.net melaporkan, warga lainnya, Hamida mengaku setiap malam tidak bisa tidur nyenyak karena mendengar suara gemuruh yang lebih keras daripada biasanya.

“Sebenarnya sudah biasa dengar suara dari gunung, tapi yang sekarang lebih keras,” paparnya.

Pantauan di lapangan visual gunung raung hari ini terlihat cerah. Nampak jelas dari Kecamatan Sumber Wringin kondisi gunung yang menyemburkan asap setinggi 300 meter.

Sementara data dari Pos PGA hingga hari ini masih terus terjadi tremor dengan amplitudo antara 6 hingga 32 mm. (iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 4 Juli 2024
27o
Kurs