Minggu, 8 September 2024
Mutiara Persada III

Kapal Tol Laut Sandar Perdana di Pelabuhan Tanjung Perak

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
KM. Mutiara Persada III saat akan bersandar di dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Kapal jenis Roro yang pertama kali menggunakan sistem Tol Laut bersandar di dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (8/5/2015) sekitar Pukul 17.30 WIB.

Kapal bernama Mutiara Persada III yang dioperasikan PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) ini berkapasitas 200 kendaraan, dan berlayar dari Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung menuju pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/5/2015) pukul 22.00 WIB. Pemberangkatan kapal dilakukan langsung oleh Ignasius Jonan Menteri Perhubungan (Menhub).

Dhany Rahmat Agustian Humas Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan, kapal ini sebagai pelopor beroperasinya short sea shipping atau tol laut yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo Presiden.

“ALP ini sebagai pelopor dari konsep short sea shipping,” kata Dhany kepada suarasurabaya.net, Jumat (8/5/2015)

Dia menambahkan, kapal ini berukuran cukup besar yakni 15.000 gross ton dengan panjang 151,3 meter dan Lebar 23 meter.

Sementara itu, Ryan Bernandus Direktur Utama PT ALP mengatakan, Layanan tol laut perdana ini mengangkut sedikitnya 40 buah truck golongan VI B (truk besar) dan truck golongan VII (tronton), dan 50 penumpang. Sementara kapasitas kapal ini mampu mengangkut 150 unit kendaraan truck, 58 kendaraan kecil, dan 700 penumpang.

“Kapal ini melakukan perjalanan seminggu tiga kali dari Panjang-Surabaya-Panjang, dan Panjang-Surabaya,” kata Ryan Bernandus saat meninjau kedatangan KM Mutiara Persada III di Dermaga Jamrud Utara.

Dia menjelaskan, banyak perusahaan expedisi di Lampung menggunakan layanan short sea shipping ini sebagai jasa angkutan barang. Jenis muatan yang dibawa truk-truk ini antara lain kopi, sagu, kopi alasan, tepung udang dan tapioca starch.

“Banyak komoditas asal Lampung yang dikirim menuju Surabaya terutama kopi. Dalam pelayaran perdana ini muatannya sedikit, namun mau tidak ada kapal harus tetap berangkat,” kata pengusaha muda ini.(wak/ipg)

Teks Foto:
1. KM. Mutiara Persada III saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
2. Sopir truk yang ikut berlayar menunggu turun dari KM. Mutiara Persada III.
Foto: Wakhid suarsurabaya.net

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs