Sabtu, 6 Juli 2024

Jatim Diprediksi Tidak Ada Hujan Hingga Akhir Tahun

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Ilustrasi

Wilayah-wilayah di Provinsi Jawa Timur diprediksi tidak akan mengalami musim hujan hingga akhir tahun 2015 akibat terdampak fenomena El Nino. Untuk itu, warga Jawa Timur diimbau untuk waspada dalam menghadapi fenomena ini.

“Yang pasti yang harus diwaspadai adalah kebakaran ya. Di perkebunan, di hutan, itu harus benar-benar dijaga karena memang cukup kering karena dampak El Nino ini. Masyarakat jangan buang puntung rokok sembarangan. Selain itu, masyarakat harus berhemat karena memang diprediksi hingga air tahun di Jatim tidak ada hujan. Perhatikan juga kondisi tubuh, jangan sampai dehidrasi,” kata Teguh Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda kepada suarasurabaya.net, Sabtu (29/8/2015).

Untuk wilayah Jawa Timur, Teguh mengatakan musim hujan diprakirakan baru akan terjadi pada akhir bulan Januari atau Februari tahun 2016 mendatang.

“Namun di Indonesia sendiri dampak El Nino belum terlalu dikategorikan berat. Jadi masih ringan saja dampaknya,” kata dia.

Sementara itu, Sabtu (29/8/2015), untuk cuaca di wilayah Surabaya diprediksi cerah berawan. Dengan angin yang berhembus dari Timur dengan kecepatan 5-35 km/jam. Untuk suhu udara 23-34 derajat celcius, dengan jarak pandang 4 hingga 10 kilometer. Matahari akan terbenam pada pukul 17.29 WIB.

“Untuk wilayah Jawa Timur lainnya rata-rata sama seperti Surabaya hari ini cuacanya,” ujar Teguh. (dop/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
31o
Kurs