Minggu, 29 September 2024

Jaga Pulau Terluar Indonesia, Satgasmar Puter XVII Diberangkatkan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satgasmar Puter XVII diberangkatkan. Foto: Dispen Kormar

Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto melepas keberangkatan Satuan Tugas Marinir (Satgasmar) Pulau Terluar XVII di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Brigif-1 Mar itu menyampaikan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Puter XVII bahwa tugas yang akan dilaksanakan merupakan amanah dari seluruh rakyat indonesia, yaitu untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI. Disamping itu, Komandan juga mengharapkan agar seluruh prajurit mampu mengendalikan diri, sehingga dapat melaksanakan penugasan dengan baik, serta melakukan rotasi penempatan personel, karena pulau yang akan ditempati merupakan pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni, agar dapat menghilangkan rasa kebosanan.

Sebelum mengakhiri arahannya, Komandan Brigif-1 Mar memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit Satgasmar Puter XVII yaitu melandasi dan membentengi diri dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan warga masyarakat sekitar beserta aparat terkait (Instansi TNI dan Instansi Pemerintah), meningkatkan kepekaan dan tanggap terhadap aspirasi yang berkembang di wilayah masing-masing, kemudian menjaga keamanan personel maupun material, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu tidak melakukan tindakan serta perbuatan yang dapat merugikan masyarakat dan selalu menjaga nama baik Korps Marinir.

Usai memberikan arahan, Komandan Brigif-1 Marinir beserta seluruh pejabat yang hadir memberikan ucapan selamat untuk bertugas kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Puter XVII.

Sementara itu, Kapten Marinir Wachit Hasim selaku Komandan Satgasmar Puter XVII mengatakan, keberangkatannya ke daerah penugasan dengan menggunakan KRI Teluk Hading yang dikomandani Mayor Laut (P) Ririk Permadi Sobana.

“Di daerah penugasan, Satgas Puter XVII akan menggantikan Satgas Puter XVI yang menempati beberapa pulau terdepan di wilayah Indonesia Timur, antara lain pulau Dana Rote, pulau Batek, pulau Fanildo dan pulau Brass,” pungkasnya.

Kegiatan yang dihadiri Wadan Brigif-1 Mar Letkol Mar Amir Kasman, Paslog Letkol Mar Ashari, S.Pd., M.I.P. Pasintel Mayor Mar M. Amin, S.Pd., M.A.P. dan Komandan Yonif-5 Mar Mar Letkol Mar Rudi Marpaung tersebut, seperti dilansir dalam siaran pes yang diterima suarasurabaya.net, juga dihadiri seluruh Perwira di jajaran Brigif-1 Mar.(tok/ipg)

Teks foto:
– Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto Dambrigif-1 Marinir melepas Satgasmar Puter XVII.
Foto: Dispen Kormar

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 29 September 2024
27o
Kurs