Minggu, 8 September 2024

Empat Titik Ini Harus Dihindari Pemudik di Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Empat titik trouble spot. Data : Dirlantas Polda Jawa Timur

Direktorat Lalu Lintas Polda dan Dinas Perhubungan Jawa Timur petakan sedikitnya akan ada empat titik paling rawan terjadi trouble spot atau titik paling parah terjadi kemacetan saat mudik lebaran. Empat titik itu di antaranya adalah di Pasar Babat Lamongan, Duduk Sampean Gresik, Simpang Empat Mengkreng, serta Pasar Lawang Malang.

“Empat titik trouble spot ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, karenanya tim pengurai kemacetan juga akan diterjunkan dengan solusi yang berbeda pula,” kata Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, Rabu (8/7/2015).

Empat titik trouble spot itu adalah :

1. Pasar Babat Lamongan.
Sumber kemacetan : Pertemuan lalu lintas dari Lamongan dan Bojonegoro, aktifitas pasar dan PKL, serta tidak adanya pembatas jalan.

Personel yang diterjunkan untuk mengurai kemacetan sebanyak 62 personel dan akan melakukan proses kanalisasi serta menertibkan PKL dan parkir kendaraan di sekitar pasar Babat, serta melakukan barikade dan rekayasan lalu lintas.

2. Duduk Sampean, Gresik.
Sumber kemacetan : Terjadi penyempitan jalan, aktifitas pasar dan PKL, peningkatan volume serta tidak adanya pembatas jalan.

Personel yang akan diterjunkan sebanyak 89 polisi dan akan melakukan pengaturan serta kanalisasi dan penertiban parkir kendaraan.

3. Perempatan Mengkreng.
Sumber Kemacetan : pertemuan jalur dari Jombang, Kediri dan Nganjuk, selain itu juga kurangnya pembatas jalan

Kawasan ini akan dijaga tiga kekuatan sekaligus yaitu dari Polres Kediri sebanyak 85 personel, Polres Jombang 87 personel, dan Polres Nganjuk 30 personel. Personel kepolisian akan melakukan pemasangan barikade dan kanalisasi serta melakuan rekayasa lalu lintas.

4. Pasar Lawang, Malang.
Sumber Kemacetan : Tidak adanya halte sehingga banyak kendaraan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang dengan sembarangan. Belum lagi adanya penyempitan jalan serta parkir liar pengunjung pasar yang menjadikan kemacetan juga akan sangat parah.

Sebanyak 10 personel khusus pengurai kemacetan akan disiagkan sepanjang angkutan lebaran kali ini.

Terkait empat titik trouble spot ini, Dinas Perhubungan minta para pemudik sebisa mungkin menghindari kawasan tersebut. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs