Sabtu, 6 Juli 2024

Angin Kencang di Surabaya Hingga 35 km/jam

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Pada bulan September 2015 ini Kota Surabaya terdampak angin kencang berkecepatan 35 km/jam akibat adanya fenomena El Nino. Angin kencang terjadi akibat tekanan udara yang semakin tinggi.

“Perbedaan tekanan udara antara Australia dengan daerah pasifik ini semakin tinggi. Saat ini tekanan tinggi di Australia itu lebih dari 1026 milibar (mb). Normalnya sirkulasi tekana udara itu 1004 milibar (mb). Jadi ada perbedaan 22 milibar akibat fenomena El Nino ini,” kata Bambang Setiajid Kasie Data dan Informasi BMKG Juanda kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (10/9/2015).

Menurut Bambang, durasi angin kencang di Kota Surabaya pada bulan September ini lebih panjang daripada puting beliung.

“Durasi angin kencang ini tidak pendek, berbeda dengan puting beliung. Bisa sampai 1 minggu,” kata dia.

Normalnya, ujar Bambang, fenomena angin kencang ini normalnya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus. Namun fenomena El Nino membuat angin kencang terjadi pada bulan September ini.

Bambang mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap angin kencang akibat fenomena El Nino ini. Sebab, kelembapan udara akan semakin rendah akibat fenomena ini.

“Udara akan semakin kering, defisit air akan semakin cepat. Kelembapan udara akan semakin rendah yang membuat potensi kebakaran akan semakin besar. Selain itu, masyarakat juga harus semakin menjaga kesehatan akibat debu,” katanya. (dop)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
31o
Kurs