Jumat, 20 September 2024

Aneka Macam Rujak Khas Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Kekayaan budaya di Indonesia ikut memperkaya ragam kuliner nusantara. Salah satu kuliner yang sangat populer dan digemari masyarakat adalah rujak.

Ada banyak jenis rujak yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Berikut beberapa di antaranya :

Rujak Cingur
Makanan khas Jawa Timur, khususnya Surabaya ini terbuat dari aneka buah-buahan seperti krai, bengkuang, nanas, kedondong, mangga muda yang dicampur dengan lontong, tempe, tahu, tauge, kangkung, kacang panjang dan cingur sapi. Campuran bahan tadi disiram saus dari olahan petis udang, air, cabai, kacang tanah, gula merah, bawang goreng, garam dan pisang klutuk.

Rujak Gobet Beubeuk
Rujak khas Malang ini terbuat dari beragam buah seperti nanas, mangga muda, bengkuang, belimbing, gula jawa, cabai dan asam jawa. Rasa rujak ini asam, manis dan pedas.

Rujak U Groeh
Berasal dari Aceh, rujak ini terdiri dari campuran kelapa muda, pepaya muda, wortel, buah rumbia, gula aren, garam, cabai, kacang tanah dan air. Rujak ini seringkali dimakan dalam keadaan dingin atau dilengkapi es serut.

Rujak Soto
Makanan khas Banyuwangi ini merupakan paduan rujak cingur dengan soto babat. Ada aroma soto, rujak dan terasi.

Mie Rujak
Makanan khas Palembang ini perpaduan makanan khas etnis Melayu dan Tionghoa. Terbuat dari mie telur basah, soun, timun, ebi, tahu kuning dan ditambah pempek plus saus cuka.

Rujak Manis
Makanan ini berisi berbagai macam buah yang dipotong-potong dan disiram saus yang terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam jawa, bawang putih goreng, garam dan cabai.

Rujak Kuah Pindang
Rujak khas Bali ini berisi buah-buahan seperti mangga muda, pepaya muda, jeruk Bali dan kedondong yang dipotong tipis-tipis. Disiram kuah yang berasal dari rebusan kepala ikan.

Rujak Es Krim
Rujak dari Jogjakarta ini terdiri dari irisan kecil jambu air, nanas, mentimun, kedondong dan pepaya yang dicampur bumbu rujak dan diberi es krim.

Rujak Juhi
Rujak khas Betawi ini biasanya juga disebut Mie Juhi. Bahan utamanya Juhi atau cumi-cumi asin dan mie basah. Bahan pelengkapnya tahu, kentang, daun selada, mentimun dan kerupuk sagu. Bumbunya terdiri dari kacang tanah, cabai, cuka, gula, air, bawang putih, kecap manis dan garam.

Rujak Terasi
Terbuat dari bermacam buah-buahan segar yang di parut lalu siram larutan gula merah kental. Terakhir, disiram kuah berwarna merah yang merupakan campuran dari cabe rawit dan terasi.

Rujak Bakso
Rujak unik dari Madura ini paling enak dimakan hangat-hangat. Kuahnya nyaris seperti bubur karena kuah bakso dicampur dengan bumbu kacang kental. Kuah ini dimakan dengan lontong yang sangat lembut. (berbagai/re/iss)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
32o
Kurs