Minggu, 8 September 2024

Satpol PP dan Satlinmas Siap Bantu Amankan Pemilu

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap mengawal keamanan jalannya Pemilu 2014. Selain menjalankan tugas pokoknya yaitu menegakkan Peraturan daerah, pada saat ini memiliki tugas tambahan, yaitu beperan dalam mengamankan jalannya Pemilu.

Hal ini disampaikan Soekarwo Gubernur Jawa Timur saat ditemui wartawan, Senin (3/3/2014) usai menjadi inspektur upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Satpol PP ke-64 dan Satlinmas ke 52 di lapangan Makodam V Brawijaya.

“Satpol PP dan Satlinmas, harus nempel betul pada peraturan perundangan ditegakkan, agar pemilu yang akan berlangsung sebentar lagi, benar-benar Jurdil,” kata Soekarwo, Senin (3/3/2014).

Dia juga menilai, jika pengamanan untuk pelaksanaan Pemilu 2014 harus benar-benar maksimal, karena kontestan berlomba untuk saling mendahului dan memanfaatkan situasi.

Sementara itu, Mayjen TNI Ediwan Prabowo Pangdam V Brawijaya dalam kesempatan yang sama mengatakan, Kodam selaku komando kewilayahan turut membantu melakukan pemetaan wilayah-wilayah rawan. Selain itu, melakukan backup bantuan untuk Polri.

“Dari Jajaran intelejen yang telah kami sebar, siap mengendalikan dan mengawasi daerah-daerah rawan yang telah kami petakan. Kita melakukan backup bantuan, menyiapkan satuan setingkat kompi (SSK) , sampai satuan setingkat batalyon untuk membantu Polri,” kata Mayjen TNI Ediwan.

Dia menambahkan, pihaknya menerjunkan 6.000 personel yang ditempatkan di seluruh Jatim, untuk mengamankan jalannya Pemilu. “Jumlah itu belum termasuk personel yang on call jika dibutuhkan,” ujarnya.

Pesonel yang diperbantukan Polri, kata Pangdam, sesuai dengan Protap, tidak bersenjata. Jika dibutuhkan bersenjata maka pihak Kodam juga akan menyiapkan, namun hanya memakai peluru hampa. Selain ribuan personel, TNI juga akan menyiapkan kendaraan untuk transpotasi, dan kendaraan taktis.

“Mudah-mudahan tidak sampai menerjunkan kendaraan tempur. Tapi jika dibutuhkan kami akan siapkan. Prajurit untuk daerah terpencil juga telah kami siapkan. Seperti kangean kita akan siakan satu pleton, untuk membantu Polri disana,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Sebanyak 2.000 anggota Satpol PP dan Satlinmas se Jawa timur beserta tamu undangan TNI, Polri, dan SKPD Provinsi Jatim, Senin (3/3/2014) mengikuti upacara HUT Satpol PP ke-64 dan Satlinmas ke 52 di lapangan Makodam V Brawijaya. (wak/rst)

Teks Foto:
– Pasukan Satpol PP hormat kepada Soekarwo Gubernur Jatim (kiri), saat defile pasukan di lapangan Makodam V Brawijaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
26o
Kurs