Senin, 30 September 2024

Penyebab Matinya Rusa KBS

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Penyebab matinya seekor rusa betina di Kebun Binatang Surabaya (KBS) ternyata akibat terlalu banyaknya gas yang menumpuk di dalam lambung. Akibatnya, rusa ini mengalami kembung dan mati.

Drh Liang Kaspe, Direktur Operasional KBS pada Radio Suara Surabaya, Kamis (13/2/2014) mengatakan penyebab kembungnya rusa bisa akibat dinginnya malam, atau mungkin karena rumput yang dimakan merupakan rumput yang basah.

“Setelah kami otopsi, ternyata banyak gas atau udara di dalam lambungnya sehingga mendesak rongga dada dan mendesak paru dan jantungnya,” kata Liang Kaspe.

Liang mengatakan, kembung pada hewan pemakan rumput sering terjadi dan biasanya kasus seperti ini sangat cepat. Apalagi jika terjadi pada malam hari ketika udara cukup dingin.

Merawat rusa, kata Liang, bukanlah perkara mudah karena rusa selalu bergerombol sehingga pengawasan juga harus dilakukan dengan teliti.

KBS kata Liang, saat ini memiliki sebanyak 60 keeper yang bertugas menjaga dan mengawasi sebanyak 3450 ekor satwa. “Masing-masing keeper bertanggung jawab mulai jam 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore,” kata Liang.

Di KBS, kata Liang, saat ini terdapat sebanyak 70an satwa dalam keadaan sakit serta tua. Satwa yang sakit ini, saat ini dalam pengawasan penuh tim dokter. (fik)

Teks Foto :
– Ilustrasi
Foto : Wikipedia

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Senin, 30 September 2024
26o
Kurs