Selasa, 17 September 2024
Kebakaran Jl Ambengan Batu

Penyebab Kebakaran Diduga Korsleting Listrik

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Kebakaran yang melululantakkan satu rumah di kawasan padat penduduk Jl. Ambengan Batu, Tambaksari, Surabaya, Senin (11/8/2014) sekitar pukul 12.30 WIB, diduga disebabkan karena korsleting listrik dari atas plafon. Saat kebakaran terjadi di rumah milik Siti Suliman (78), ada beberapa orang yang berada di dalam, namun semuanya berhasil menyelamatkan diri.

Informasi yang berhasil dihimpun suarasurabaya.net, kebakaran berawal dari atas plafon rumah yang digunakan sebagai kamar tidur. Suara ledakan terdengar yang diikuti dengan api dan kepulan asap. Beberapa saksi mata yang berada di lokasi mengatakan, mereka mendengar suara ledakan dari satu di antara rumah Dinas PDAM Kota Surabaya tersebut, dan menduga ledakan berasal dari LPG.

Sementara itu, menurut pengakuan Ella (30) menantu Siti Suliman pensiunan PDAM, dirinya baru saja periksa ke rumah sakit. Saat kembali, kondisi rumah sudah terbakar. Dia mengatakan, rumah tersebut hanya satu lantai, namun karena anggota keluarga cukup banyak di atas plafon digunakan untuk kamar dengan membuat kamar panggung.

“Ada kamar di atas plafon, di sana ada barang-barang elektronik seperti televisi, kipas angin, dan beberapa barang lainnya,” kata Ella kepada wartawan, Senin (11/8/2014).

Candra Oeratmangun Kepala Dinas Kebakaran Pemkot Surabaya mengatakan, setelah petugas melokalisir lokasi kebakaran, bagian terparah dari kamar yang berada di atas. Diduga kuat sumber api berasal dari kamar tersebut.

“Kami belum bisa memastikan apa penyebabnya, tapi setelah melokalisir rumah berukuran 6×15 meter itu, kondisi terparah di kamar lantai dua,” kata Candra.

Dia menambahkan, pihaknya mengerahkan delapan unit mobil PMK untuk melakukan pemadaman api, dan pembasahan. “Petugas cukup cekatan, sehingga api tidak merembet ke rumah di sekililingnya,” pungkasnya. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Petugas PMK melakukan pembasahan rumah yang terbakar Jl. Ambengan Batu Gg. 3 no. 2, Tambaksari, Surabaya.
Foto: Wakhid suaraasurabaya.net

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Selasa, 17 September 2024
25o
Kurs