Sabtu, 6 Juli 2024

Kondisi Puncak Kelud Yang Sekarang

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Puncak Gunung Kelud benar-benar telah berubah. Dari data terakhir, kini puncak Kelud benar-benar kembali seperti sebelum letusan tahun 2007, sebuah puncak yang tak lagi memiliki anak Kelud. Kelud kini kembali memiliki lubang kawah dengan diameter sekitar 400 meter persegi.

Foto yang diambil suarasurabaya.net, dari http://www.oysteinlundandersen.com/Volcanoes/Kelud/Kelud-Volcano-Indonesia-February-2014.html, menunjukkan dari kawah Kelud hingga kini juga masih terus menunjukkan kepulan asap putih.

Khairul Huda, Kepala Pos Pantau Gunung Kelud yang ada di Ngancar, Kediri membenarkan perubahan ini. Pantauan yang dilakukan di pos pantau menunjukkan, hingga pukul 18.00, Rabu (26/2/2014) sore, kelud masih mengeluarkan gempa tremor.

Bahkan sesekali juga terpantau gempa vulkanik dalam sebanyak dua kali; selain itu juga gempa vulkanik dangkal sebanyak satu kali dan gempa tektonik jauh sebanyak satu kali.

Suhu dipuncak kelud terpantau 22,1 derajat celcius dengan kelembapan udara 97 persen. Karenanya, PVMBG hingga saat ini masih merekomendasikan radius 5 KM dari puncak Kelud harus steril dari aktifitas warga. (fik/tok)

Teks Foto :
– Perbadaan puncak kelud.
Foto : www.oysteinlundandersen.com

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 6 Juli 2024
28o
Kurs