Rabu, 18 September 2024

Waspada, Rambut Bisa Alami Penuaan Dini

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Penuaan dini ternyata tidak hanya dialami pada wajah saja. Rambut dan kulit kepala juga bisa mengalami penuaan dini.

OLLY CHRISTIANTI Branch Manager Phyto Indonesia dalam seminar “Ageing Prevention For Your Hair”, Jumat (07/09), mengatakan penuaan pada rambut sebenarnya alami. Ini seiring dengan bertambahnya usia, ditandai dengan akar rambut menjadi lemah dan pertumbuhan rambut menjadi lebih tipis dan rapuh.

“Demikian pula dengan folikel rambut menjadi rapuh. Sementara pewarnaan dan pengeringan rambut yang berulang-ulang hanya akan memperburuk kondisi rambut,”kata OLLY.

OLLY menjelaskan terjadinya penuaan dini pada rambut bisa disebabkan faktor intrinsik (seiring usia) dan ekstrinsik seperti radikal bebas, racun dan sinar UV yang bisa membuat rambut kering, mudah rusak dan patah. Untuk mencegah hal tersebut, rambut harus diberi vitamin dan tonik.

“Bahan utama rambut adalah protein keratin. Dengan memberikan vitamin dan tonik, rambut semakin kuat dan berkualitas. Ini bisa diperoleh dari asupan makan bergizi tapi juga melalui produk perawatan,”tukasnya.

Perlakuan yang benar pada rambut, menurut OLLY, juga harus dibiasakan. Misalnya, menggunakan sisir rambut dengan gigi jarang, mengeringkan rambut secara alami usai keramas, tidak menggunakan pengering rambut dekat ke rambut dan tidak mengikat rambut terlalu kencang.

Pertumbuhan rambut yang cepat, kata OLLY, terjadi pada usia 16-24 tahun. Menginjak usia 40-50 tahun, pertumbuhan rambut bisa berkurang hingga 20%. Makin tua usia, rambut makin kering dan batangnya menipis. (tin)

Teks foto :
– DOMINIQUE VEDY pakar kesehatan rambut dari Prancis menjelaskan produk perawatan yang berbahan tumbuh-tumbuhan mampu mengembalikan kesehatan dan kualitas rambut
Foto : TITIN suarasurabaya.net

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
23o
Kurs