Kamis, 17 Oktober 2024

Bakso Terbesar di Dunia Buatan Cak MAN, Ciptakan Rekor MURI

Laporan oleh Yuyun Dwi Puspitasari
Bagikan

“Saya ingin menunjukkan keahlian saya membuat bakso,” kalimat tersebut meluncur dari Cak MAN, tukang bakso terkenal dari Malang di acara penganugerahan rekor MURI tepat pukul 13.40 WIB di ITC Mega Grosir Surabaya.

Hari ini tercatat masuk dalam rekor MURI, Bakso Terbesar yang pernah dibuat dengan ukuran diameter 1,65 meter dan keliling bakso 4,64 meter. Berbeda dari ukuran yang diusulkan sebelumnya yakni hanya 1,2 meter. Adalah Cak MAN, pembuat bakso pencatat rekor MURI tersebut. Selama ini Cak MAN telah memiliki belasan outlet bernama Bakso Kota di Indonesia.

PAULUS PANGKA Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menegaskan pada suarasurabaya.net, Minggu (08/07), rekor MURI dianugerahkan pada Cak MAN atas prestasinya menciptakan dan bukan sekedar memecah rekor Bakso Terbesar.

Dengan nomor urutan 2.634 siang itu setelah dilakukan pengukuran pada ‘bakso’ raksasa itu, sah sudah penganugerahan rekor MURI pada Bakso Terbesar Bakso Kota Cak MAN. Penyerahan piagam sendiri dilakukan di halaman parkir depan pintu masuk ITC. Karena bakso terlalu berat untuk dipindah.

Cak MAN mengaku pencatatan rekor MURI tersebut murni inisiatifnya sendiri. Ia mengatakan ingin memperlihatkan keahliannya dalam membuat bakso dengan ikut MURI.

Dibutuhkan waktu 2 hari 2 malam untuk membuat bakso raksasa tersebut dengan menggunakan boiler, ujar Cak MAN. Ditegaskannya, meski berukuran super besar, tidak digunakan bahan pengawet dalam pembuatan tersebut sebagaimana bakso yang biasa dibuatnya. Cak MAN mengaku selama 27 tahun berdagang bakso ia tak pernah mengenal pengawet.

Teryata tak hanya baksonya yang raksasa tetapi juga biaya yang dibutuhkan untuk mencipta bakso itu. Kata Cak MAN, bakso raksasa telah menghabiskan sekitar Rp 50 juta. Dengan dibantu 12 stafnya, bakso dibuat di Workshop Bakso Kota di Malang.

Acara penganugerahan rekor MURI Bakso Terbesar di dunia ini juga dimeriahkan dengan lomba makan bakso sebelumnya. Bertempat di atrium lantai Lower Ground ITC Mega Grosir Surabaya, lomba makan bakso berlangsung meriah. Peserta lomba penuh mulutnya karena hanya diberi waktu 5 hitungan untuk memakan bakso. Lomba dibagi untuk bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak. Sedangkan lomba menghias bakso urung diadakan.

Acara ini juga dimeriahkan dengan kehadiran anak-anak 10 panti asuhan, seperti Panti Asuhan Al Hasyim, Matahari Terbit dan El Pidos. Mereka pun tampak ceria mendapatkan bingkisan dari dari pihak ITC Mega Grosir dan makan bakso Cak MAN gratis.(yyn/ipg)

Teks Foto:
1. Cak MAN memegang Piagam MURI beserta CHRISTIN TANJUNG General Manager ITC dan PAULUS PANGKA Manager MURI.
2. Mengunyah bakso secepat mungkin, seorang pengunjung ITC.
Foto: YUYUN suarasurabaya.net

Bagikan
..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
37o
Kurs