Jumat, 20 September 2024

Semakin Populer, Musik Jazz Merambah ke Segmen yang Lebih Luas

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mocca saat tampil di panggung Jazz Traffic Festival 2017. Foto: suarasurabaya.net

Seiring dengan berkembangnya zaman, genre musik jazz semakin digandrungi masyarakat, tak terkecuali kalangan anak muda.

Berbagai event musik beraliran jazz juga mulai bermunculan. Salah satu yang terbesar di Jawa Timur yakni Jazz Traffic Festival, yang merupakan gelaran konser besutan Suara Surabaya Media.

Harpang Yudha Karyawanto Dosen Prodi Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengatakan, ada yang berbeda dengan perkembangan musik jazz era sekarang.

Jika dulu terbatas hanya dinikmati oleh sebuah komunitas saja, saat ini berbagai kalangan sudah mulai memperhatikan dan menikmati musik jazz.

“Menurut saya perkembangan musik jazz sekarang sudah meningkat ya, terutama di wilayah saya sendiri, di Jawa Timur,” katanya kepada suarasurabaya.net pada Jumat (13/9/2024)

“Di Surabaya muncul event-event yang melibatkan para musisi jazz, sehingga komunitas-komunitas ini melebarkan sayapnya. Bahkan tidak saja di Kota Surabaya yang termasuk kota terbesar kedua di Indonesia, tapi seperti Tulungagung kota kecil itu sudah merambah dan berkembang dari komunitas kecil kemudian melebarkan sayapnya untuk mengenalkan musik jazz di kalangan masyarakat,” jelasnya.

Berkembangnya teknologi digital, salah satunya canggihnya media sosial, membuat musik jazz semakin dikenal banyak orang dan semakin diperhatikan oleh banyak kalangan.

Postingan terkait dengan musik jazz, kata dia, juga membuat musik jazz bukan hanya terbatas dinikmati oleh komunitas-komunitas saja, melainkan banyak orang juga bisa mengikuti aliran musik tersebut.

“Berkembangnya sosial media yang membawa dampak signifikan, jadi seperti gelombang viral arus. Pada saat ada yang menggunakan itu, akhirnya berusaha mencerna dan mengikuti, seperti itu,” tuturnya.

Banyaknya orang yang mulai menikmati musik jazz, kata dia, juga terlihat dari munculnya komunitas-komunitas pecinta musik jazz dari kampus-kampus, yang mereka kemudian juga semangat dalam mengenalkan musik jazz.

“Pada zaman dulu waktu saya masih kuliah S1 itu sangat minim, sekarang sudah muncul komunitas yang peduli dengan musik jazz ini, sehingga ini perkembangannya sangat keren,” tuturnya.

Harpang berharap, ke depan semakin banyak pentas atau konser yang memiliki genre jazz, sehingga aliran musik tersebut semakin digandrungi oleh masyarakat, meskipun dalam show tersebut ada genre campuran musik lain.

“Sehingga harapannya, ke depan musik jazz ini memiliki tempat yang sama digemari, seperti layaknya genre-genre yang sekarang juga lagi populer,” pungkasnya. (ris/bil/iss)

 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs