Rabu, 18 September 2024

Jazz Traffic Festival 2024: Feel the Culture, Create the Memories, Tawarkan Pengalaman Unik dan Berkesan

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Mocca saat tampil di panggung Jazz Traffic Festival 2017. Foto: suarasurabaya.net

Jazz Traffic Festival (JTF) 2024 persembahan Suara Surabaya Media akan digelar 14-15 September di Grand City Surabaya. JTF ke-11 ini bertema “Feel the Culture, Create the Memories”.

Verry Firmansyah CEO Suara Surabaya Media mengatakan, lewat tema ini ingin menghadirkan pengalaman unik dan berkesan bagi para penonton.

Jazz Traffic Festival 2024 akan menyajikan kolaborasi antargenre musik yang lebih kaya, tanpa meninggalkan musik jazz itu sendiri sebagai nyawa JTF di setiap perhelatannya.

Diharapkan menjadi jujukan masyarakat yang ingin mengetahui budaya festival musik di Kota Surabaya.

“Jadi kalau ingin tahu budaya festival musik di Surabaya itu ya Jazz Traffic, yang di dalamnya ada musik jazz dan genre-genre lain,” kata Verry yang juga Penanggung Jawab Jazz Traffic Festival 2024 .

Deretan musisi yang akan tampil di Jazz Traffic Festival 2024, antara lain: Barry Likumahuwa & The Rhythm Service, Tompi, Jamie Aditya, Sara Fajira x Eddie Tripleks, Nonaria, Mocca, Kahitna, The Changcuters, Nadin Amizah, Coldiac, Dua Empat, Ardhito Pramono, dan Dere.

Selain itu ada juga Maliq & D’essentials, Yovie & Nuno, Vina Panduwinata & Fiery, Reality Club, Trisum, dan The Bakuucakar, Masdddho X Mr. Jono & Joni, The Lantis, Suara Kayu, dan Echa Soemantri & Friends, MLD Jazz Project.

Masih ditambah lagi penampilan dari Fusion Jazz Community, Kemisan Jazz, Jazz in Gresik, Celia Noreen and Her Band, Raditya Mahendra, The Skuy, Eazymusiq, Naomi Olivia, Danyannisa, Dava Giustizia, Gwennia Wibisono feat Rio Sidik, AYOX And Three Fingers, dan Semeru Police Band.

Verry menjelaskan, bakal ada 4 stage atau panggung di Jazz Traffic Festival 2024. Setiap stage, akan menyuguhkan konsep dan tampilan menarik untuk dipilih pengunjung.

Tiga panggung utama disiapkan untuk memanjakan pengunjung Jazz Traffic Festival 2024, antara lain: MLDSPOT Stage (Outdoor), BRImo Stage (Exhibition Hall), dan Freeport Indonesia Stage (Convention Hall).

Sedangkan satu panggung lagi di area F&B yakni Stage Bus. Di mana pengunjung yang ingin makan dan minum bisa sambil menikmati hiburan dengan atmosfer yang berbeda.

Ia berharap Jazz Traffic Festival selalu mampu memberi pengalaman yang berbeda, yaitu menikmati kegiatan di tengah konser musik.

“Pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman dengan santai, sambil menikmati ambience yang unik dari Stage Bus. Ini salah satu upaya kami untuk memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung,” ujarnya.

Di sisi lain, teknologi-teknologi baru juga akan ditampilkan di layar LED, baik saat pertunjukan dimulai hingga penutupan. Ini adalah salah satu hal yang membedakan Jazz Traffic Festival tahun ini dari yang sebelumnya.

Menurut Verry, festival ini bertujuan untuk mempromosikan jazz sebagai bagian dari budaya masyarakat Surabaya dan Indonesia.

Sementara itu Irma Widya Budianti Ketua Panitia Jazz Traffic Festival 2024 menambahkan, Jazz Traffic Festival 2024 dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi semua kalangan, termasuk keluarga. Berbagai fasilitas disiapkan, seperti area makanan yang nyaman, booth sponsor, merchandise, dan ruangan indoor yang sejuk.

Di area Freeport Indonesia Stage Convention Hall, penonton bisa menikmati musik sambil duduk santai di atas karpet, menciptakan suasana yang lebih intim dengan para musisi. Begitu pula di BRImo Stage Exhibition Hall yang tak kalah sejuknya.

Irma menjelaskan, kembalinya Jazz Traffic Festival 2024 ke Grand City Surabaya memudahkan akses dan kenyamanan bagi pengunjung. Grand City terletak di pusat kota, sehingga mudah dijangkau.

Dengan segala persiapan matang, Jazz Traffic Festival 2024 diharapkan menjadi momen yang tak terlupakan bagi pecinta musik, sekaligus mengukuhkan Surabaya sebagai kota dengan budaya jazz yang kuat.

“Jazz Traffic Festival diharapkan menjadi jujukan masyarakat yang ingin mengetahui budaya festival musik di Kota Surabaya,” pungkasnya.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Jazz Traffic Festival digelar pertama kali pada 27-28 Nopember 2011 di Grand City Surabaya. Jazz Traffic Festival 2024 ini merupakan gelaran ke-11 kalinya.

Daftar artis yang akan tampil di JTF 2024

Hari Pertama/Day 1, Sabtu, 14 September 2024:

– Kahitna

– The Changcuters

– Nadin Amizah

– Coldiac

– Tompi

– Dua Empat

– Nonaria

– Barry Likumahuwa & The Rhythm Service

– Jamie Aditya

– Sara Fajira x Eddie Tripleks

– Echa Soemantri & Friends

– Raditya Mahendra

– Danyannisa

– Dava Giustizia

– Gwennia Wibisono feat Rio Sidik

– AYOX And Three Fingers

– Celia Noreen and Her Band

– Semeru Police Band

– Fusion Jazz Community

Hari Kedua/Day 2, Minggu, 15 September 2024:

– Maliq & D’essentials

– Yovie & Nuno

– Vina Panduwinata & F•I•[e]•R•Y

– Reality Club

– Mocca

– Trisum

– The Bakuucakar

– Ardhito Pramono

– Masdddho X Mr. Jono & Joni

– Dere

– The Lantis

– Suara Kayu

– MLD Jazz Project

– The Skuy

– Eazymusiq

– Naomi Olivia

– Kemisan Jazz

– Jazz in Gresik

Harga Tiket

Berikut harga tiket Jazz Traffic Festival 2024:

Kategori pelajar atau mahasiswa:

One day Rp170.000 (closed)

All Days Rp299.000 (closed)

Kategori umum:

Pre Sale one day Rp225.000 (closed)

Pre Sale all days, Rp400.000 (closed)

Normal one day Rp299.000 (closed)

Normal all days Rp439.000 (closed)

Hari H/D-day Rp499.000 (dibuka 14 dan 15 September 2024, mulai pukul 15.00 di Grand City).

Jazz Traffic Surabaya 2024 disponsori oleh BRI, Top Coffee, Mie Sedaap, Floridina, So Fresh, So Klin, Emeron, Hers Protex, PT. FREEPORT INDONESIA, MLD SPOT, Yamaha NMAX Turbo, PEAU JEUNE, CLEO, HERBAKOF, Viva Muda, PLN U.I.D Jawa Timur, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Kahuripan Nirwana, Garuda Indonesia, JASAMARGA Surabaya Mojokerto, PGN SOR III, Kacang Mayashi, posaja by Pos Indonesia, PDAM Surya Sembada.

Didukung oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Official Internet Service Provider by Jatayu ICT Solution.

Ofiicial Sound System by Melodia Production.

Official Lighting and Production by Cakra Production Indonesia.

Officiall meals partner by Ayam Bakar Primarasa dan Poenya Nyonya Anina.

Medical Partner by Mayapada Hospital Surabaya.(JTF 2024)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Rabu, 18 September 2024
25o
Kurs