Minggu, 8 September 2024

Transisi ke Energi Hijau, FKS Group Pasang Panel Surya untuk Tekan Emisi Karbon

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi Panel Surya. Foto: homehub.homeloans.com.au

FKS Group berkolaborasi dengan PT Xurya Daya Indonesia memasang panel surya untuk menekan emisi karbon.

Hal itu sejalan dengan komitmen nasional terhadap perubahan iklim dan keberlanjutan.

FKS Group merencanakan instalasi panel surya dengan total kapasitas 10 megawatt hingga tahun 2025.

Po Indarto Gondo Chief Executive Officer FKS Group mengatakan, langkah itu selaras dengan target pengurangan emisi karbon yang ditetapkan pemerintah sebanyak 29 persen atau setara 835 juta ton CO2 pada 2030.

“Komitmen kami terhadap keberlanjutan adalah inti dari operasi kami. Dengan mengintegrasikan tenaga surya ke dalam campuran energi kami, kami tidak hanya mengurangi dampak lingkungan tetapi juga menetapkan standar bagi industri untuk diwujudkan. Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam perjalanan kami menuju pencapaian netral karbon,” ujarnya lewat keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (18/7/2024).

Agung Cahyadi Kusumo Group Chief Operating Officer FKS Group menambahkan, inisiatif itu merupakan wujud nyata empat pilar implementasi Environmental, Social, Governance (ESG) yang dicanangkan perusahaannya.

Menurut Agung, empat pilar tersebut adalah keamanan dan ketahanan pangan, pengelolaan lingkungan, lingkungan kerja yang sehat, aman, dan nyaman, serta pengembangan masyarakat.

Pada fase pertama di akhir 2022, FKS Group menginstal 2,4 megawatt panel surya di Pabrik Tepung Terigu – Bungasari Flour Mills, Medan. Pemasangan itu mampu menyerap karbon sebanyak 2 juta kg CO2 per tahun.

Fase kedua, FKS Group memasang tambahan 3 megawatt di tujuh area operasi, di antaranya di Balaraja dan Cilegon – Banten, Gunung Putri – Bogor, Sragen – Jawa Tengah, Surabaya dan Mojokerto – Jawa Timur, dan Makassar.

Fase kedua diharapkan bisa mengurangi lebih banyak lagi karbon, sekitar 3,4 juta kg CO2 per tahun.

Fase ketiga akan mencakup instalasi 5 megawatt yang diharapkan akan mengurangi emisi karbon hingga 5.8 juta kg CO2 dan menjadikan total kontribusi FKS Group terhadap pengurangan emisi karbon mencapai 11,2 juta kg CO2 per tahun.

“Kami sangat bangga bermitra dengan FKS Group dalam proyek visioner ini. Bersama-sama, kami membuktikan penggunaan energi terbarukan tidak hanya layak tetapi juga menguntungkan bagi bisnis yang mencari cara untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan dampak positif terhadap lingkungan,” tutur Eka Himawan Managing Director Xurya Daya Indonesia.(rid/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Dua Truk Terlibat Kecelakaan di Bungah Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 8 September 2024
25o
Kurs