Jumat, 20 September 2024

Mendag akan Jaga Harga Pasar Supaya Tidak Mahal dan Terlalu Murah Bagi Produsen

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan saat memantau harga pangan di Pasar Soponyono, Surabaya, Jumat (20/9/2024). Foto: Wildan Pratama suarasurabaya.net

Zulkifli Hasan (Zulhas) Menteri Perdagangan (Mendag) mengklaim harga komoditas pangan di Pasar Soponyono Surabaya relatif stabil atau dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET), Jumat (20/9/2024).

Pantauan suarasurabaya.net, Mendag tiba di Pasar Soponyono Surabaya sekitar pukul 08.30 WIB. Begitu tiba, Zulhas langsung menuju ke dalam pasar mendatangi kios-kios pedagang.

Zulhas menyebut komoditas yang relatif harganya stabil dan dijual di bawah HET adalah cabai, bawang, dan telur.

“Cabai rata-rata Rp 20-25 ribu, bawang Rp 25 ribu, telur Rp 26 ribu jadi harga-harga di bawah HET,” katanya.

Mendag itu mengatakan, stabilnya harga komoditas bahan pokok ini tentu disambut baik oleh masyarakat karena tidak memberi beban di pengeluaran.

“Tentu masyarakat ibu-ibu senang karena harganya sangat murah,” ucapnya.

Namun, murahnya harga pangan itu, kata Zulhas akan berdampak pada pemasukan produsen, salah satunya kelompok petani.

Oleh sebab itu Kementerian Perdagangan akan menjaga harga bahan pangan ini supaya tidak terlalu murah, namun tidak memberatkan masyarakat.

“Tetapi produsennya, petaninya pasti akan ngeluh. Oleh karena itu pemerintah akan menjaga harganya tidak terlalu murah tapi juga tidak terlalu tinggi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, agenda peninjuan ke pasar Zulhas Jumat pagi ini juga sama dengan Joko Widodo Presiden yang mengunjungi Pasar Dukuh Kupang, Surabaya.

Dari informasi yang dihimpun, Zulhas dan Jokowi akan sama-sama hadir ke acara pernikahan putra kegita Khofifah Indar Parawansa di Masjid Al-Akbar Surabaya siang nanti sekitar pukul 13.00 WIB. Kehadiran di acara tersebut sebagai kegiatan pribadi.(wld/kir/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
32o
Kurs