Jumat, 20 September 2024

Masyarakat Bisa Gunakan QR Code Versi Cetak untuk Pembelian Pertalite

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi pengemudi mobil membeli Pertalite menunjukkan QR Code terlebih dulu pada Selasa (6/8/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Heppy Wulansari Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga menyampaikan, masyarakat kini dapat menggunakan QR Code versi cetak ketika membeli bahan bakar minyak (BBM) subsidi Pertalite di SPBU.

“Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa dicetak dan dibawa ke SPBU. Sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU,” kata Heppy dilansir dari Antara pada Rabu (14/8/2024).

Dia menjelaskan bahwa mekanisme ini dapat digunakan oleh pengguna kendaraan roda empat (mobil).

Heppy juga menambahkan bahwa pendaftaran Program Subsidi Tepat untuk pembelian BBM bersubsidi bagi pengguna Pertalite khusus kendaraan roda empat masih terbuka untuk masyarakat.

Pendaftaran ini berlaku di wilayah tahap 1, yaitu Jawa, Madura, Bali (JAMALI), serta beberapa wilayah non-JAMALI lainnya seperti Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Masyarakat yang ingin mendaftar dapat melakukannya melalui website http://subsiditepat.mypertamina.id/ dan mendapatkan QR Code.

Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat meliputi foto KTP, foto diri, foto STNK (bagian depan dan belakang), foto kendaraan dari tampak keseluruhan, foto kendaraan dari tampak depan yang menunjukkan nomor polisi, serta foto KIR bagi kendaraan yang memerlukan KIR.

Pada tahap ini, pendaftaran difokuskan untuk mencocokkan data yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Setelah status pendaftaran diterima, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang dikirimkan melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

“Melalui pendataan ini, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih terpantau dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan, sehingga BBM bersubsidi tersalurkan kepada masyarakat yang benar-benar berhak,” jelas Heppy. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs