Rabu, 16 Oktober 2024

Komitmen PGN Terus Pasok Gas Bumi untuk Kelistrikan Secara Berkelanjutan

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
Ratih Esti Prihatini, Direktur Komersial PGN (kanan depan) saat menerima penyerahan tanda kehormatan PGN. Foto: PGN

PT PGN Tbk berkomitmen menyediakan pasokan gas bumi untuk sektor kelistrikan secara kontinu. Sektor kelistrikan merupakan salah satu segmen pelanggan terbesar dalam total niaga gas bumi nasional PGN, dengan sektor industri sebagai pengguna terbesar, diikuti oleh kelistrikan.

“Pasokan gas bumi untuk sektor kelistrikan terus kami jaga karena berhubungan dengan kepentingan masyarakat luas. Selain itu, pembangkit listrik yang menggunakan gas bumi memiliki keunggulan, mengingat gas bumi adalah bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dibandingkan minyak atau batu bara,” ujar Ratih Esti Prihatini, Direktur Komersial PGN dalam keterangannya, Rabu (27/9/2024).

Ratih menambahkan, kemitraan strategis antara PGN dan PLN terus berlangsung sebagai bentuk komitmen untuk menjaga keandalan pasokan gas. Hal ini memungkinkan PLN secara maksimal memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

PGN juga mengelola dan mengoperasikan Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung, yang penting untuk memenuhi kebutuhan gas bumi bagi sektor kelistrikan dan industri melalui regasifikasi Liquefied Natural Gas (LNG).

FSRU Lampung ini terintegrasi dengan Pipa South Sumatera-West Java (SSWJ), yang menjadi tulang punggung kestabilan layanan dan enabler supply point LNG.

Sejalan dengan transisi energi menuju target Net Zero Emission pada 2060, sektor kelistrikan sebagai salah satu pengguna terbesar gas bumi akan berperan penting.

Mengacu pada dokumen Bappenas mengenai tahapan transisi energi, penggunaan gas bumi menjadi krusial pada periode 2025–2029, terutama mengingat pembatasan PLTU batu bara. Gas bumi akan mengisi peran penting dalam penyediaan energi di masa mendatang.

PGN akan terus mengembangkan program gasifikasi di sektor-sektor strategis, termasuk kelistrikan nasional, dengan fokus pada konversi energi berbasis gas bumi

Atas kontribusinya dalam memenuhi kebutuhan energi di sektor kelistrikan, PGN dianugerahi Penghargaan Tanda Kehormatan Listrik Indonesia pada Kamis (27/9/2024), dalam kategori Produsen/Pemasok Energi, atas komitmennya dalam mendorong pemanfaatan gas di pembangkit listrik.

“PGN akan terus menjaga keandalan pasokan dan infrastruktur gas bumi untuk meningkatkan keyakinan pengguna gas, termasuk sektor kelistrikan, yang membutuhkan kesinambungan bisnis dan investasi. Pemanfaatan gas bumi yang meningkat di sektor kelistrikan juga akan memberikan efek berganda bagi perekonomian nasional dan membantu mengurangi emisi karbon,” tutup Ratih. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Rabu, 16 Oktober 2024
27o
Kurs